Orang Diduga Gangguan Jiwa Masuk Pesawat, Citilink Buka Suara

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 12 Agu 2020 17:39 WIB
Pesawat Citilink mendarat di bandara Adi Soemarmo, Boyolali.
Foto: Pesawat Citilink mendarat di bandara Adi Soemarmo, Boyolali. (Ragil Ajiyanto/detikcom)
Jakarta -

Dunia penerbangan dihebohkan dengan kejadian yang terungkap dari tangkapan layar yang diunggah oleh akun Instagram @aviatren. Dalam video tersebut nampak seseorang dengan gangguan jiwa mengacak-acak pesawat.

"Petugas Avsec menangani Orang dengan gangguan jiwa yang masuk bandara TKG, ngacak-ngacak ATR Wings dan Citilink. Kok bisa ya masuk airside," demikian tulisan yang tertera di bawah video tersebut.

Pantauan detikcom, video viral tersebut sudah 18.265 kali tayang dan mendapatkan 843 komentar.

Terlihat petugas kewalahan mengeluarkan orang tersebut yang tampak berontak. Namun akhirnya orang tersebut berhasil dijauhkan dari pesawat.

Maskapai Citilink memberikan klarifikasi terkait peristiwa ditemukannya orang tidak dikenal dalam pesawat Citilink itu. Disebutkan kejadian itu di Bandara Radin Inten II Lampung pada 12
Agustus 2020.

"Bahwa orang yang masuk ke dalam pesawat Citilink bukan merupakan penumpang kami, melainkan orang yang tidak dikenal dan tanpa sepengetahuan dan seizin pihak keamanan Bandara Radin Inten II," kata VP Corporate Secretary & CSR Citilink Resty Kusandarina dalam keterangan resmi dikutip detikcom, Rabu (12/8/2020).

Dia menjelaskan pada saat itu pesawat dalam keadaan terparkir dan bermalam di Bandara Raden Inten II sehingga tidak ada penumpang di dalam pesawat tersebut.

Oknum tersebut ditemukan dan ditangani langsung oleh pihak keamanan Bandara Radin Inten II Lampung.

Sementara itu, pihak Bandara Radin Inten II Lampung meningkatkan pengawasan terhadap prosedur keamanan untuk memperketat aspek keamanan di bandara agar kejadian serupa tidak kembali
berulang.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak Bandara Radin Inten II yang telah menangani permasalahan ini dengan cepat sehingga pesawat Citilink dapat kembali beroperasi sesuai dengan jadwal setelah dipastikan tidak ada kerusakan atau hal-hal yang menyangkut keselamatan dan keamanan penerbangan. Citilink senantiasa mengutamakan aspek keamanan dan keselamatan dalam setiap penerbangannya", tutup Resty.



Simak Video "Citilink Setop Penerbangan Lagi, Ini Alasannya"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/hns)