Luhut Mau Wisata Daerah Lain Dibuka Susul Bali dan Banyuwangi

Soraya Novika - detikFinance
Rabu, 12 Agu 2020 19:44 WIB
Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandajaitan saat menjalani wawancara dengan detikcom di acara Blak-blakan, Kamis (19/7).
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengimbau berbagai daerah untuk meniru langkah yang sudah dilakukan Bali dan Banyuwangi untuk kembali pariwisatanya. Kedua daerah itu dinilai sudah menjalankan aktivitas pariwisata dengan protokol kesehatan yang baik.

"Saya minta bapak/ibu di pemerintah daerah harus ambil dan melakukan inisiatif terbaru. Apa yg dilakukan Bali, Banyuwangi untuk reaktivasi jadi contoh baik, misal mungkin Jogja, Batam-Bintan atau tempat lain," ujar Luhut di webinar Pariwisata, Rabu (12/8/2020).

Selain dua wilayah yang sudah dibuka aktivitas pariwisatanya tersebut, Indonesia memiliki potensi besar di banyak wilayah lain. Potensi itu diyakini Luhut bisa menjadi pemantik wisatawan domestik untuk datang ke wilayah tersebut.

"Semua inisiatif dan kegiatan kita upayakan harus digerakkan kembali aktivitas pariwisata dan utamakan kesehatan masyarakat. Jangan bosan-bosannya ingatkan patuh penggunaan masker, cuci tangan, dan social distancing, terutama di daerah padat penduduk," sambungnya.

Namun, diminta tetap meningkatkan kualitas protokol kesehatannya terlebih dahulu. Terutama untuk sejumlah wilayah yang merupakan pinggiran dari kota besar, harus menyiapkan protokol kesehatan yang baik. Jika tidak, dikhawatirkan bisa menimbulkan masalah baru.

"Tren menunjukkan wisatawan domestik akan melakukan kunjungan ke kota penyangga yang memiliki alam. Jakarta misalnya ke Sentul dan Puncak. Surabaya misalnya wisatawan ke Banyuwangi dan Bromo," tangkasnya.



Simak Video "Covid-19 di Bali Meningkat, Luhut Batasi Kunjungan Turis"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)