Konglomerat Media AS, Sumner Redstone Tutup Usia 97 Tahun

Anisa Indraini - detikFinance
Kamis, 13 Agu 2020 11:53 WIB
Sumner Redstone
Foto: Dok. Forbes
Jakarta -

Ketua Viacom yakni konglomerat media Amerika dengan jaringan televisi kabel dan televisi satelit di seluruh dunia (MTV Networks and BET), Sumner Redstone meninggal dunia pada Selasa (11/8). Dia menghembuskan nafas terakhir di usia 97 tahun.

Menurut majalah Forbes, kekayaan Redstone mencapai US$ 4,6 miliar atau setara Rp 66,7 triliun (kurs Rp 14.500/US$). Menjelang akhir hayatnya, warisan harta raja media Amerika Serikat (AS) itu menjadi rebutan keluarga. Pihak keluarga menuduh banyak hartanya diberikan kepada selingkuhan Redstone, Manuela Herzer.

Redstone menjadi pionir dalam pengembangan biskop model multipleks pada 1960-an. Model bisnis banyak layar ini berhasil menyelamatkan bioskop dari kebangkrutan. Ia juga yang membawa konsep film ke bioskop dengan bioskop multipleks. Perusahaan juga merabak ke dunia film, televisi, dan penerbitan.

Redstone mengendalikan jaringan TV Comedy Central dan Nickelodeon serta rantai penyewaan video blockbuster. Melalui jaringan TV kabel ia membuat program seperti teori Big Bang dan CSI ke rumah-rumah AS dan film laris seperti Titanic dan Top Gun ke layar perak.

Ketika kesehatan Redstone yang semakin memburuk, putrinya, Shari Redstone yang dulu jarang tampil di publik, mengambilalih bisnis ayahnya.

"Ayah saya menjalani kehidupan luar biasa yang tidak hanya membentuk hiburan seperti yang kita kenal sekarang, tetapi juga menciptakan warisan keluarga yang luar biasa. Melalui itu semua, kami berbagi cinta yang besar satu sama lain dan dia adalah ayah, kakek dan kakek buyut yang luar biasa. Saya sangat bangga menjadi putrinya dan saya akan selalu merindukannya," katanya dikutip CNN, Kamis (13/8/2020).

Dalam usia ke-92 tahun, Redstone mengundurkan diri sebagai chairman Viacom dan sebagai ketua eksekutif dewan direksi CBS pada tahun 2016. Di CBS, ia digantikan oleh Leslie Moonves dan di Viacom oleh Philippe Dauman.

Dalam wawancara tahun 2009, Redstone pernah mengungkapkan tidak ingin mengundurkan diri.

"Saya tidak berniat pensiun, atau sekarat," kata penggila makanan sehat itu. Namun usia uzur membuat ia harus melepaskan semua jabatannya.



Simak Video "Jenazah Robby Sumampow Disemayamkan 3 Hari dengan Prosesi Tionghoa"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)