Sebelum OSO, Ini 2 Orang Terkaya RI yang Dapat Penghargaan Jokowi

Hendra Kusuma - detikFinance
Kamis, 13 Agu 2020 14:12 WIB
Presiden Jokowi dan Fahri Hamzah (Screenshot YouTube Setpres)
Foto: Presiden Jokowi dan Fahri Hamzah (Screenshot YouTube Setpres)
Jakarta -

Oesman Sapta Odang alias (OSO) baru saja menerima tanda penghormatan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia mendapat penghargaan berupa tanda kehormatan Bintang Mahaputra Utama.

OSO bukan satu-satunya pengusaha yang mendapat penghargaan. Ada dua pengusaha kaya raya lainnya yang pernah mendapatkan penghargaan serupa, yakni Dato Sri Tahir dan Mochtar Riady. Keduanya menerima bintang jasa pada 2015.

Mochtar Riady adalah pendiri Group Lippo. Pria kelahiran Malang pada 12 Mei 1929 silam ini memiliki istri bernama Suryawati Lidya dan dikarunia dua anak.

Pada 2018, Forbes mencatat harta kekayaan Mochtar Riady mencapai US$ 2,8 miliar atau setara Rp 41,44 triliun (kurs Rp 14.800).

Ia mengawali bisnis saat usianya 22 tahun dengan membuka toko sepeda dan kemudian akhirnya sukses melewati krisis 1997-1998. Riady menduduki urutan ke 791 orang terkaya di dunia tahun 2018. Saat ini ayah dari James dan Stephen Riady ini sudah berusia 91 tahun.

Anak Riady, Stephen memiliki usaha properti di Singapura. Kemudian John Riady saat ini menjalankan bisnis Lippo Group seperti MatahariMall, Bank Nobu dan perusahaan lain.

Gurita bisnis Riady memang besar, seperti properti, perusahaan media, rumah sakit, asuransi, bank, ritel hingga kedai kopi. Crazy Rich Surabayan adalah istilah untuk orang-orang kaya di wilayah Surabaya dan sekitarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Deretan Orang Terkaya Dunia yang Merugi Rp 642 T Dalam Sepekan"
[Gambas:Video 20detik]