Pemerintah Endorse Seleb Buat Dukung RUU Cipta Kerja?

Soraya Novika - detikFinance
Kamis, 13 Agu 2020 17:06 WIB
Omnibus Law Cipta Kerja
Foto: Omnibus Law Cipta Kerja (Tim Infografis Fuad Hasim)
Jakarta -

Sejumlah artis kompak mengunggah postingan dengan tagar serupa yaitu #IndonesiaButuhKerja. Hal ini heboh di media sosial dan berujung menimbulkan tanda tanya besar di tengah para warganet. Sebab, diselipi narasi yang mendukung Rancangan Undang-Undang (RUU) Cipta Kerja.

Tak sedikit warganet beranggapan bahwa tagar itu dimunculkan para artis dan selebgram di media sosial mereka berkat dorongan endorse dari 'pemerintah'.

detikcom pun mencoba mengkonfirmasi langsung hal tersebut ke Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Iskandar Simorangkir. Namun, Iskandar tak menyangkal atau mengiyakan anggapan tersebut. Sebab, dirinya mengaku tak tahu menahu terkait aksi para artis dan influencer Tanah Air tersebut di media sosial.

"Kalau itu nggak tau saya, Sorry," kata Iskandar ditemui di kantornya, Jakarta Pusat, Kamis (13/8/2020).

Ia enggan berkomentar banyak mengenai hal tersebut dan meminta detikcom mengkonfirmasi hal ini kepada Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Mohammad Rudy Salahuddin. Namun, saat dihubungi, detikcom tak kunjung mendapat respons.

Tagar #IndonesiaButuhKerja semakin disorot setelah akun Twitter @kamalbukankemal atau Kamal merilis daftar seleb yang dianggap secara blak-blakan mendukung RUU Cipta Kerja.

"Daftar selebritis tanah air yang blak-blakan mendukung RUU Cipta Kerja. Mohon tuk terus mengawasi," cuitnya seperti dikutip detikcom.

Pada daftar tersebut, Kamal juga mengunggah tangkapan layar dari sejumlah akun para seleb. Dari tangkapan layar itu terlihat para artis kompak memposting tagar #IndonesiaButuhKerja.

Berikut daftar seleb yang disebut Kamal mendukung RUU Cipta Kerja:

1. Gofar Hilman
2. Inul Daratista
3. Cita Citata
4. Valentino 'Jebrett' Simanjuntak
5. Rigen Rakelna & Boris Bokir
6. Aruan Marsha
7. Kim Kurniawan
8. Gisella Anastasia
9. Gading Marten
10. Siti Badriah
11. Gritte Agatha
12. Fitri Tropica
13. Gita Bhebhita
14. Caesa Gunawan
15. Zahwa Aqilah
16. Ismed Sofyan
17. Ardhito Pramono
18. Adhe Giovani
19. Alain Goenawan
20. Tiyo Adji
21. Aisya Fabien
22. Adit Insomnia



Simak Video "RUU Cipta Kerja Sah Jadi UU"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)