Prakerja Gelombang 5 Dibuka Besok, Ini Jumlah Kuota dan Cara Daftarnya

Puti Yasmin - detikFinance
Jumat, 14 Agu 2020 16:24 WIB
Kartu Prakerja
Foto: Kartu Prakerja/Prakerja Gelombang 5 Dibuka Besok, Ini Jumlah Kuota dan Cara Daftarnya
Jakarta -

Pemerintah akan membuka program Kartu Prakerja Gelombang 5 pada Sabtu (18/8/2020) besok. Hal ini usai ditutupnya Prakerja Gelombang 4 pada Rabu (12/8) kemarin.

Menurut Head of Communications Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu jumlah pendaftar Kartu Prakerja Gelombang 4 mencapai lebih dari 1,2 juta orang. Padahal kuota yang tersedia hanya sebanyak 800.000 orang.

"Kami masih dalam perhitungan akhir. Jumlahnya di atas 1,2 juta pendaftar," ungkap dia kepada detikcom, Jumat (14/8/2020).

Nah, berikut informasi mengenai Prakerja Gelombang 5:

Prakerja Gelombang 5 Tanggal Berapa Dibuka?

Louisa menjelaskan Kartu Prakerja Gelombang 5 akan dibuka pada Sabtu (15/8/2020) besok. Untuk waktunya dibuka pada jam 12.00 WIB secara online di website www.prakerja.go.id.

Prakerja Gelombang 5 Kuota

Besaran kuota pada gelombang kali ini sama dengan gelombang 4, yakni 800.000 orang. Kuota itu dibuka untuk menampung antusias masyarakat yang mendaftar.

"Kuota gelombang 5 rencananya 800.000, sama seperti gelombang 4. Hal ini untuk menampung animo yang sangat tinggi," sambungnya.

Sementara itu, sebagian kuota prakerja gelombang 5 akan diberikan kepada daftar prioritas dari Kementerian Tenaga Kerja dan BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek).

Cara Daftar Prakerja Gelombang 5

Untuk mendaftar, calon peserta pertama-tama harus membuka website di alamat www.prakerja.go.id. Kemudian, mengisi alamat email dan password untuk mendaftar.

Selanjutnya, konfirmasi melalui email untuk membuat akun Prakerja. Login dengan email dan password yang telah didaftarkan tadi dan isi informasi yang dibutuhkan seperti KTP, data diri dan nomor handphone.

Pada tahap ini, tidak ada lagi syarat swafoto dan digantikan dengan menggunakan Kartu Keluarga (KK) sehingga bisa langsung terhubung dengan NIK terdaftar.

Usai mengisi data, calon pendaftar akan menjalani tes motivasi dan kemampuan dasar. Hasil evaluasi akan keluar sekitar 5 menit usai ujian berakhir. Jika lolos, peserta diminta untuk memilih gelombang mana yang diikuti dan klik 'gabung'.

Terakhir, layar akan memperlihatkan kartu persetujuan yang berisi pernyataan mendaftar program Kartu Prakerja dan klik 'saya menyetujui'. Peserta pun resmi terdaftar Kartu Prakerja gelombang 5.

Tips Prakerja Gelombang 5

Sementara itu, Louisa mengingatkan agar para calon pendaftar Prakerja Gelombang 5 memasukkan data Nomor Induk Kependudukan (NIK), Kartu Keluarga (KK), telepon, dan alamat email dengan benar. Sebab, hal itu merupakan faktor penting dalam proses pendaftaran.

"Informasi detail dapat dilihat di situs Kartu Prakerja www.prakerja.go.id," tutup dia.

Selamat mencoba Prakerja Gelombang 5!



Simak Video "180 Ribu Orang Kena Blacklist karena 'Anggurin' Kartu Prakerja"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)