Sebentar Lagi, Drone Bisa Wira-wiri di Langit RI Angkut Barang

Vadhia Lidyana - detikFinance
Jumat, 14 Agu 2020 19:10 WIB
Drone Patroli Virus Corona di China
Ilustrasi/Foto: (DJI)
Jakarta -

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto membeberkan, pesawat tanpa awak atau drone akan segera mengudara di Indonesia untuk keperluan kargo.

Novie mengatakan, drone tersebut akan bertugas mengangkut kargo mulai dari di kawasan perkotaan, hingga ke Papua.

"Kita tahu teknologi pesawat udara ini berkembang terus. Bahkan, ke depan ini, sebentar lagi akan ada drone yang akan dioperasikan baik di perkotaan sampai ke Papua sana untuk mengangkut kargo," kata Novie dalam webinar Kemenhub, Jumat (14/8/2020).

Ia mengatakan, anak buahnya di Direktorat Jenderal Perhubungan Udara terus memantau perkembangan transportasi udara termasuk drone setiap saat. Sehingga, pihaknya bisa menyiapkan aturan keamanan dan pengawasan yang tepat ketika drone beroperasi.

"Kami mengutamakan SDM kita khususnya yang menjalani pengawasan ini mereka selalu tetap update ilmu safety-nya termasuk komunikasi yang sekarang sangat lancar dengan sarana telekomunikasi kita sudah ke seluruh Indonesia, koordinasi pusat dan daerah, kemajuan dari inspektorat-inspektorat kita yang ada di seluruh Indonesia akan mempunyai standar yang sama," tutur Novie.

Sebagai informasi, salah satu perusahaan yang sudah memiliki proyek pengiriman kargo menggunakan drone adalah PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk.

Pada September 2019 lalu, Garuda menyatakan telah siap untuk mengembangkan bisnis pengiriman kargo udara menggunakan drone. Perusahaan pelat merah itu sudah beberapa kali mengutarakan rencana itu dalam berbagai kesempatan.

Garuda Indonesia bahkan mengaku sudah memilih produk drone yang akan dipakai, yakni buatan pabrikan Beihang asal China. Drone itu disebutkan bisa mengangkut kargo dengan beban total 5 ton.

Sebelum itu, Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Perhubungan telah melakukan diskusi untuk membuat berbagai aturan untuk pengoperasian drone sebagai pengangkut kargo. Balibang Perhubungan tak mau kecolongan seperti awal kemunculan transportasi online yang berkembang cepat tapi aturannya belum siap.



Simak Video "Meriahnya Kontes Drone, Malang"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)