Mampukah Tim Ekonomi Jokowi Realisasikan Ekonomi 5,5% di 2021?

Hendra Kusuma - detikFinance
Sabtu, 15 Agu 2020 16:45 WIB
Pemerintah memproyeksikan pertumbuhan ekonomi pada kuartal-I 2018 tumbuh 5,2%. Pertumbuhan itu didukung dengan capaian penerimaan pajak maupun nonpajak.
Ilustrasi/Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Pemerintah menetapkan asumsi pertumbuhan ekonomi di level 4,5-5,5% pada tahun 2021. Angka tersebut sangat tinggi mengingat kondisi ekonomi nasional di tengah pandemi Corona. Pada kuartal II-2020, ekonomi minus 5,32%.

Dengan target tersebut banyak yang mempertanyakan apakah tim ekonomi pemerintah dalam hal ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Ma'ruf Amin mampu merealisasikannya. Salah satu yang mempertanyakan adalah anggota Komisi XI DPR dari Fraksi Gerindra Kamrussamad.

"Pertanyaan yang muncul adalah mampukah tim ekonomi pemerintah mewujudkan hal tersebut dengan mengandalkan sektor konsumsi dan investasi sebagai lokomotif utama dalam mencapai target pertumbuhan tersebut," kata Kamrussamad saat dihubungi, Jakarta, Sabtu (15/8/2020).

Dia menilai asumsi pertumbuhan ekonomi di level 4,5-5,5% pada tahun 2021 sangat optimistis. Menurutnya permasalahan yang dihadapi pemerintah saat ini adalah mengenai penyerapan anggaran khususnya dalam pemulihan ekonomi nasional (PEN), begitu juga pada realisasi penyerapan anggaran belanja pemerintah.

"Kita tidak meragukan tim ekonomi pemerintah tetapi kenyataan Kinerja semester pertama sepanjang tahun 2020 dibuktikan rendahnya penyerapan anggaran," ujarnya.

Sementara Ketua Komisi XI Dito Ganinduto mengatakan fleksibilitas kebijakan fiskal pada tahun 2021 diharapkan bisa mempercepat proses pemulihan ekonomi nasional.

"RAPBN 2021 menjalankan fungsi yang sangat penting sebagai kontra siklus (counter cyclical) untuk mendorong pertumbuhan ekonomi melalui reformasi APBN, melalui perbaikan kualitas belanja sebagai instrumen untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam koridor kesinambungan fiskal," ujar Dito.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Erick Thohir Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Pulih 2022"
[Gambas:Video 20detik]