Budi Daya Ikan Dalam Ember, Cara Unik Urban Farming

ADVERTISEMENT

Budi Daya Ikan Dalam Ember, Cara Unik Urban Farming

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Minggu, 16 Agu 2020 10:15 WIB
Juli Nursandi
Foto: Juli Nursandi/Istimewa
Jakarta -

Pernah melihat orang memelihara ikan lele di dalam ember? Lalu di atasnya ada tanaman kangkung atau sayuran lain?

Jika iya, ini dia penemunya. Adalah Juli Nursandi yang merupakan seorang Dosen Budi daya Perikanan di Politeknik Negeri Lampung.

Budi daya Ikan Dalam Ember (Budikdamber) ini ia teliti sejak 2015 lalu. Saat itu ia memikirkan bagaimana caranya memelihara ikan dengan sistem yang portabel atau mudah dipindah-pindah. Budikdamber ini adalah salah satu produk urban farming karena ini adalah praktik Budi daya, proses dan distribusi bahan pangan yang berada di sekitar kota. Biasanya juga melibatkan peternakan, Budi daya perairan, wanatani dan hortikultura. Urban farming ini merupakan seluruh sistem produksi pangan yang terjadi di kota.

"Kalau untuk buah kan sudah ada tanaman buah dalam pot (tabulampot) jadi waktu itu saya terpikir bagaimana caranya kalau perikanan portabel juga. Jadi bisa digotong-gotong, disimpan di atap dan bahannya mudah ada di seluruh Indonesia, yaitu ember," ujar dia saat berbincang dengan detikcom, akhir pekan ini.

Juli menjelaskan ia mulai melakukan penelitian pertama dan berkreasi pada 2015. Ia mulai membesarkan ikan lele berukuran kecil dan di atas ember ditanami dengan kangkung yang menggunakan gelas plastik.

Masyarakat menyambut baik hasil penelitiannya tersebut. Sebenarnya budikdamber ini merupakan sistem aquaponik yang sederhana.

"Jadi Budi daya ikan dengan tanaman, ikannya dikasih makan pelet yang nanti kotorannya terurai dan menjadi pupuk untuk tanaman. Ini lebih ringkas dibanding akuaponik luar negeri yang membutuhkan pompa air," kata dia.

Menurut Juli, ia ingin membuat Budi daya menjadi lebih ringkas dan bisa digunakan oleh seluruh elemen masyarakat. Selain itu budikdamber ini juga bisa dibawa ke pegunungan atau ke tengah laut, misalnya untuk keperluan nelayan saat berlayar. Sehingga para nelayan juga bisa menikmati ikan air tawar dan sayuran meskipun sedang berada di tengah laut.

Juli mengatakan, penelitiannya terus berlanjut dengan pengembangan jenis tanaman baru yang bisa dibudi dayakan di atas ember. Misalnya ada sawi, kemangi, tomat ceri, ketimun, melon sampai strawberry.

lanjut ke halaman berikutnya



Simak Video "Budi Daya Lebah Trigona, Omzet Capai Ratusan Juta Rupiah"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT