Kisah Muri Handayani, Emak-emak yang Jago Jualan Online

ADVERTISEMENT

Kisah Muri Handayani, Emak-emak yang Jago Jualan Online

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 19 Agu 2020 06:45 WIB
5 Tips Bisnis Kuliner Online untuk Pemula
Ilustrasi/Foto: iStock
Jakarta -

Perkembangan era digital memanjakan orang karena membuat setiap aktivitas menjadi lebih mudah dijalankan, termasuk dalam mengais rezeki. Saat ini, emak-emak sekalipun bisa mendapatkan penghasilan sampingan meski cuma dari rumah.

Seperti yang sudah dibuktikan oleh Muri Handayani, seorang pebisnis yang bergerak di industri ekonomi kreatif khususnya fashion dan craft. Dari keberhasilannya itu kemudian dia mempunyai merk fesyen lokal yang cukup populer dalam bisnis reseller dan berhasil mendirikan Sekolah Bisnis Online (SBO).

"Tahun 2013 itu di Indonesia sudah mulai ramai orang-orang menggunakan Instagram ya, bukan ramai ya, baru mulailah orang-orang menggunakan Instagram buat jualan. Dulu kan hanya OOTD aja kan ya, ternyata teman-teman ini sudah pada coba, aku ikut cobain di Instagram," kata dia dalam program d'Mentor detikcom, Selasa (18/8/2020).

Awalnya dia hanya menjajal perangkat Facebook untuk berjualan lalu mencoba merambah ke Instagram. Tak disangka hal itu membuahkan hasil.

Pada gilirannya dia mengajak rekan-rekannya untuk mengikut jejak kesuksesannya berjualan online. Banyak yang antusias dan akhirnya berguru pada dirinya.

"Tadi awalnya hanya di Facebook. Aku cobain deh di Instagram, eh ternyata worth it ya di Instagram. Terus aku udah lah teman-teman ini 'ayo-ayo jualan di Instagram' terus ternyata banyak yang mau. nah mereka minta aku ajarin," ujarnya.

Setidaknya sudah ada 21 ribu emak-emak yang dia berikan ilmu untuk sukses berjualan secara online. Namun dia tak menampik bahwa awalnya sempat gagal merintis bisnis. Terhitung sudah 7 kali dia mencoba berbagai jenis usaha, tapi enam di antaranya gagal.

"Awalnya saya sendiri mendirikan usaha tahun 2011 ya. Ini bisnis yang ketujuh sebenarnya. 6 bisnis lainnya Alhamdulillah sudah gulung tikar semua. Nah di bisnis yang ketujuh inilah baru aku diseriusin nih untuk ngejalaninnya," tambah dia.

Belajar bisnis secara online memang tidak mudah jika dibandingkan dengan belajar secara tatap muka langsung. Muri pun membuat metode pembelajaran bisnis berupa slideshow yang berisikan panduan bisnis dari awal seperti cara membuat email, akun media sosial, promosi, hingga cara mengatur keuangan secara detail agar mudah dipahami oleh murid-muridnya.

Saat ini, sudah banyak murid dari Muri Handayani yang sukses menjalani bisnisnya berawal dari modal ratusan ribu rupiah hingga meraih omzet miliaran rupiah. Sejumlah merk lokal populer pun lahir dari sekolah bisnis online yang didirikannya.

Muri membuktikan semuanya itu dengan status sudah berkeluarga dan memiliki anak. Hal ini menjadi bukti bahwa seorang istri/ibu juga bisa menghasilkan pendapatan atau tetap berkarya meski cuma di rumah saja. Menurutnya hal ini bisa dilakukan asal mau membagi waktunya dengan bijak, mau belajar, dan tentunya mendapat restu dari suami dan anak.



Simak Video "Terekam CCTV! Emak-emak Nekat Curi Hp dari Kereta Bayi di Matraman"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/eds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT