Emak-emak Mau Bisnis dari Rumah Sambil Ngurusin Keluarga? Ini Caranya

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 19 Agu 2020 07:45 WIB
Ilustrasi kerja dari rumah
Ilustrasi/Foto: Tim Infografis Denny
Jakarta -

Berbisnis online memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan membuka usaha secara tradisional alias offline. Terlebih bagi emak-emak yang harus tetap mengurus rumah tangga.

Muri Handayani, pendiri Sekolah Bisnis Online (SBO) sekaligus seorang pebisnis yang bergerak di industri ekonomi kreatif membeberkan sejumlah keuntungan berbisnis melalui media sosial.

"Untuk ibu rumah tangga yang di rumah nggak ngapa-ngapain, nah di sinilah aku sebarin virusnya 'ayo ternyata bisa aku di rumah aja dan tanpa harus modal untuk sewa ruko dan tempat yang strategis," kata dia dalam program d'Mentor detikcom, Selasa (18/8/2020).

Dia menekankan bahwa berbisnis online dapat dilakukan tanpa harus repot-repot menyiapkan toko. Sambungan internet sudah menjadi modal yang cukup buat emak-emak mulai berjualan dari rumah.

"Betul-betul hanya di dalam rumah ngandalin internet saja. Selama di rumah ada kapasitas internetnya daripada nontonin akun-akun gosip-gosip mendingan kuotanya dipakai buat jualan," sebutnya.

Berjualan online pun dapat menghindarkan hal-hal yang tidak diinginkan bila si anak dititipkan ke jasa penitipan.

"Satu lagi target marketnya adalah mau mengedukasi teman-teman yang kerja kantoran terus anaknya akhirnya tersimpan di daycare, dititipkan ke mertua yang udah tua renta ya, ataupun dititipkan ke mana, atau pakai pembantu, ya udah banyak lah berita-berita yang serem ya tentang pengasuh, tentang daycare, itu aku parno banget kalau lihat berita kayak gitu," bebernya.

Tapi masih ada saja ibu-ibu yang berpikir bahwa jika tidak bekerja kantoran bagaimana bisa memenuhi kebutuhan si anak. Padahal dengan berbisnis online maka ibu-ibu bisa memantau anaknya selama 24 jam.

"Nah di sini aku mau infokan ke mereka nggak cuma lewat kantor kok lu bisa dapat uang, tetap bisa di rumah, waktunya fleksibel banget sama anak-anak, anak-anak 24 jam kelihatan mata, tapi kita di rumah juga masih tetap bisa produktif, bisa berkarya, bisa berprestasi, bisa berkarir," tambahnya.

Agar bisa tetap mengurus keluarga dan bisnis, Muri menyarankan agar bisnis yang dijalankan dibantu oleh tim alias tidak dijalankan sendirian. Para emak-emak sendiri diharapkan menjadi bos yang mengatur jalannya bisnis yang dijalankan dari rumah tadi sehingga urusan rumah tangga bisa tetap dikerjakan dengan baik.

"Percuma resign kalau masih tetap repot jualan di rumah. Makanya bisnis itu bukan sekadar jualan online tapi berbisnis online. Jadi harus tahu konsepnya, harus belajar marketing online seperti apa," ungkapnya.



Simak Video "Emak-Emak Jago Bisnis Online"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/eds)