Mantan Mekanik Sukses Jadi Tukang Cukur Beken Gegara Corona

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 17 Agu 2020 20:00 WIB
Mantan Mekanik Sukses Jadi Tukang Cukur Online Berkat Corona
Foto: Dok. Instagram @mustofa_barber_house
Jakarta -

Agus Mustofa adalah salah satu sosok wirausahawan kecil yang berhasil bertahan dari hantaman pandemi virus Corona (COVID-19). Bukan hanya bertahan, pemuda ini bahkan bisa mendulang rezeki di tengah wabah COVID-19.

Saat wabah ini masuk ke Indonesia dan mulai diterapkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), semua usaha mikro harus gigit jari, terlebih bagi tukang cukur. Tapi Agus justru panen pelanggan dengan membuka jasa cukur online.

Usaha Agus yang diberi nama Mustofa Barber House mulai berdiri sejak 2018. Saat itu Agus kena program pensiun dini dari tempat dia bekerja. Agus sendiri bekerja sebagai mekanik.

Dari kantornya itu dia mendapatkan uang pesangon sekitar Rp 40 juta. Ditambah dengan modal nekad, Agus membulatkan tekadnya untuk mendirikan usaha.

Meski kemampuannya di bidang mekanik otomotif, tapi ternyata ide untuk membuka bengkel tidak sama sekali terbesit di pikirannya. Justru awal mula dia ingin membuka warung bakso.

"Saya bingung mau usaha apa. Awal mulanya saya ingin usaha kuliner, bikin warung bakso. Tapi orang tua, tidak setuju karena saya nggak bisa masak," kata Agus kepada detikcom.

Agus memang sosok pemuda yang sangat patuh kepada orang tuanya. Jika orang tua tak merestui, dia tidak akan menjalaninya.

Hingga akhirnya dia puasa selama 5 hari untuk meminta petunjuk. Di hari ke-4 dia seakan mendapatkan petunjuk untuk membuka usaha cukur rambut. Ternyata orang tuanya pun merestui.

Mantan Mekanik Sukses Jadi Tukang Cukur Online Berkat CoronaMantan Mekanik Sukses Jadi Tukang Cukur Online Berkat Corona Foto: Dok. Instagram @mustofa_barber_house

Tanpa pikir panjang dia membeli alat-alat cukur rambut sekitar Rp 2 juta. Dia juga berniat untuk menyewa ruko dekat rumahnya. Kebetulan rumahnya berada di dalam gang yang menurutnya usaha barbershop-nya sulit berkembang jika menjalankannya di rumah.

"Orangtua nyuruh saya kursus dulu, akhirnya saya kursus cukur rambut selama 1 bulan," tuturnya.

Tapi takdir berkata lain, ibunya jatuh sakit. Sehingga uang pesangonnya habis terpakai untuk membiayai pengobatan ibunya dan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Terpaksa dia menjalankan usahanya di rumahnya yang berlokasi di Jl Minangkabau Dalam, Nomor 7, Menteng Atas, Setiabudi, Jakarta Selatan.

"Karena di dalam gang, ya sebagus apapun cukuran kita pasti sulit berkembang. Karena kalau di gang itu yang tau hanya orang sekitar saja," ucapnya.

Sampai akhirnya dia terbesit ide untuk mempromosikan usahanya melalui media sosial. Meskipun Agus gaptek, buka Instagram saja dia tak paham. Akhirnya dia diajari mengoperasikan Instagram oleh seorang anak kecil.

"Yang ngajarin Ig ke saya tuh anak kecil, anak SMP. Dia nyuruh pake hashtag, saya nggak ngerti itu apa hashtag. Abis itu saya pelajarin, saya modifikasi. Ya walaupun dia anak kecil kalau dia ngasih ilmu kenapa kita tolak," tuturnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Mulai Bisnis Bermodal 1 Gadget"
[Gambas:Video 20detik]