Renyahnya Peluang Bisnis Urban Farming, Cara Berkebun 'Kekinian'

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Minggu, 16 Agu 2020 08:05 WIB
Urban Farming/Dok Jirifarm
Foto: Urban Farming/Dok Jirifarm
Jakarta -

Urban farming atau pertanian kota menjadi tren baru saat pandemi COVID-19 terjadi. Banyak masyarakat yang mulai berkebun di pekarangan rumah untuk mengisi waktu luang, mengusir stres saat work from home (WFH) pada pertengahan Maret 2020 lalu.

Namun, siapa sangka kondisi ini merupakan peluang bisnis yang menjanjikan untuk mendapatkan cuan. Seperti apa ceritanya? Berikut berita selengkapnya:

Misalnya JiriFarm yang saat ini menyediakan perlengkapan berkebun untuk urban farming. JiriFarm juga menjual sayuran ke sejumlah supermarket yang ada di Jakarta.

Pemilik JiriFarm Richard Sudibio Halim menceritakan dulu ia bersama ayahnya memiliki usaha pabrik bingkai. Namun akhirnya mereka banting stir ke bisnis pertanian urban dengan metode hidroponik.

"Dulu kita coba tanam cabe secara konvensional di tanah. Cabe itu ternyata problemnya banyak akhirnya kami berhenti dari situ. Nggak sengaja lihat tayangan National Geographic, ada soal hidroponik. Wah kayaknya lebih simpel tuh, nggak perlu cangkul-cangkul tanah, bersihin rumput dan pekerjaannya lebih simpel," kata Richard saat berbincang dengan detikcom akhir pekan ini.

Richard menjelaskan saat itu usahanya dimulai pada tahun 2010. Mulai membuat satu green house untuk budidaya sayuran. Dari situ permintaan sayuran mulai meningkat. JiriFarm menyediakan sayuran oriental seperti kangkung, sawi caisim, pakcoy, bayam, kailan dan selada.

"Untuk panen satu bulan itu sekitar 3 ton, ya tergantung cuaca sih ya kalau mendung terus panennya menurun," ujarnya. Richard mengungkapkan saat ini pekerja di JiriFarm paling banyak adalah dari kaum ibu yang bertempat tinggal di sekitar kebun. Hal ini sebagai upaya pemberdayaan masyarakat dan karena memang pekerjaannya tidak terlalu berat.

"Karena kalau hidroponik kan tidak butuh kerja berat ya, tinggal cek-cek nutrisi, cek air. Mulai dari semai sampai panen. Ya ada juga yang bapak-bapak untuk angkat-angkat jerigen, tapi kebanyakan ibu-ibu yang kerja di sini," jelas dia.

lanjut ke halaman berikutnya



Simak Video "Soraya Cassandra, Hijaukan Secuil Lahan di Tanah Urban"
[Gambas:Video 20detik]