Qatar Airways Kembalikan Uang Penumpang Rp 17 T, Dalam Rangka Apa?

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 19 Agu 2020 17:10 WIB
Pesawat Qatar Airways
Foto: (dok. Qatar Airways/Facebook)
Jakarta -

Maskapai penerbangan Qatar Airways telah mengeluarkan dana ganti rugi kepada penumpang senilai US$ 1,2 miliar setara Rp 17,7 triliun (kurs Rp 14.700). Pengembalian dana tersebut diberikan hampir 600 ribu penumpang sejak Maret lalu.

Group Chief Executive Qatar Airways Akbar Al Baker mengatakan hingga saat ini secara total 96% permintaan dana pengembalian telah diproses. Pengembalian dana penumpang dilakukan karena penumpang mengubah rencana penerbangannya.

"Sebagai dampak COVID-19 pada perjalanan global, penumpang harus mengubah rencana mereka dalam waktu singkat. Yang mereka inginkan dan pantas dapatkan adalah fleksibilitas dan keandalan, dan di Qatar Airways kami berharap mereka menemukan maskapai penerbangan yang dapat mereka percayai," ujar Al Baker dalam keterangannya, Rabu (19/8/2020).

Pengembalian dana penumpang dapat dilakukan secara online dan diproses secara otomatis. Berdasarkan data perusahaan dalam sehari Qatar mendapati permintaan pengembalian dana hingga 10 ribu permintaan per hari.

Adapun keuntungan dari permintaan pengembalian dana ini, yakni penumpang bisa mendapatkan voucher dan bisa diterima setelah 72 jam permintaan online selesai.

Maskapai kini tengah mengubah rencana operasinya di tengah pandemi virus Corona. Qatar pun memperkenalkan sistem pemesanan baru yang lebih fleksibel. Tiket yang konsumen pesan ke depannya akan berlaku selama 2 tahun. Sistem pemesanannya seperti sebelumnya 30 hari sebelum keberangkatan.

Qatar terus melakukan pemulihan di masa pandemi virus Corona. Selain merampingkan jadwal penerbangan dan pengembalian dana penumpang. Langkah-langkah keselamatan di Qatar Airways juga dipenuhi. Dengan menyediakan alat pelindung diri (APD) untuk awak kabin dan APD gratis bagi penumpang.



Simak Video "Sederet Maskapai Dunia yang Bangkrut Gara-gara Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)