Orang Terkaya India Saingi Jeff Bezos Bisnis Apotek Online

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 19 Agu 2020 20:00 WIB
Mukesh Ambani, India
Foto: Reuters
Jakarta -

Konglomerat India Mukesh Ambani membeli sebagian besar saham apotek online Netmeds seharga US$ 83 juta atau setara Rp 1,2 triliun (kurs Rp 14.700/US$). Pembelian ini dilakukan melalui anak usaha miliknya, Reliance Industries.

Dilansir AFP, Rabu (19/8/2020), pembelian saham itu membuka pertempuran baru dengan pemilik Amazon, Jeff Bezos. Pasalnya, Bezos baru saja meluncurkan layanan perawatan kesehatan di India yang serupa dengan Netmeds minggu lalu.

Reliance telah melawan raksasa teknologi Amazon dan Flipkart yang didukung Walmart untuk mendapatkan pangsa pasar e-commerce yang menguntungkan di India.

Direktur Ritel Anak Usaha Reliance Isha Ambani mengatakan aksi korporasi itu dilakukan untuk memperluas proposisi perdagangan digital agar mencakup sebagian besar kebutuhan penting konsumen sehari-hari. Putri dari Ambani itu mengumumkan investasi Netmeds Selasa (18/8/2020) malam.

Isha mengatakan investasi tersebut mewakili sekitar 60% saham di Vitalic Health Pvt. Ltd. Ltd. dan 100% kepemilikan langsung anak perusahaan Reliance, yang secara kolektif dikenal sebagai Netmeds.

"Kami terkesan dengan perjalanan Netmeds untuk membangun waralaba digital berskala nasional dalam waktu yang singkat dan yakin dapat mempercepatnya dengan investasi dan kemitraan kami," katanya.

Bisnis kesehatan mengalami lonjakan di India. Pasalnya kasus virus Corona di India naik melebihi 2,7 juta atau tertinggi ketiga setelah Amerika Serikat (AS) dan Brasil. Netmeds telah melayani 5,7 juta pelanggan di seluruh India yang memesan obat resep dan obat bebas serta suplemen kesehatan melalui situs web dan aplikasinya.

Konsultan RedSeer mengungkap pasar kesehatan digital India diperkirakan akan meledak dari sekitar US$ 4,5 miliar pada saat ini menjadi US$ 25 miliar pada 2025.



Simak Video "Mundur dari CEO Amazon, Jeff Bezos Tulis Pesan untuk Karyawan"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)