Begini Nasib Kekayaan Lionel Messi Kalau Hengkang dari Barcelona

Soraya Novika - detikFinance
Sabtu, 22 Agu 2020 15:38 WIB
Barcelonas Lionel Messi during the Champions League quarterfinal match between FC Barcelona and Bayern Munich at the Luz stadium in Lisbon, Portugal, Friday, Aug. 14, 2020. Gerard Piqué says Barcelona
Foto: AP/Manu Fernandez
Jakarta -

Atlet Lionel Messi belakangan membawa kabar mencengangkan bagi para pecinta bola. Messi dikabarkan mau meninggalkan Barcelona pada musim panas 2020 ini. Hal itu diungkapkan Messi ketika mengadakan pertemuan dengan pelatih Barcelona, Ronald Koeman, pada Kamis (20/8/2020) kemarin.

Meski bikin kaget jagat olahraga, keputusan Messi ini dianggap bakal menguntungkan dirinya sendiri. Sebab, pendapatannya berpotensi melonjak tajam menjadi lebih dari US$ 1 miliar setara Rp 14,5 triliun per tahunnya. Jika ada klub sepak bola yang mau mengontraknya sebesar itu, maka Messi siap dinobatkan sebagai pesepakbola dengan bayaran tertinggi di dunia. Saat ini, status pesepakbola termahal di dunia masih dipegang oleh Cristiano Ronaldo.

Alasannya, olahraga sepak bola saat ini semakin digandrungi dan persaingan antar klub sepak bola akan semakin ketat. Perebutan antar pemain inti bisa menguntungkan Messi dari hal tersebut.

"Globalisasi telah menjadikan sepak bola selalu jadi olahraga paling populer di dunia, juga paling menguntungkan di dunia terutama dalam hal perolehan pendapatan. Dalam sepak bola, ada persaingan yang kurang lebih tidak terkekang dalam skala global, tidak ada wajib militer, batasan gaji dan lain-lain. Dan pemain terbaik biasanya memilih penawar tertinggi," ujar Penulis Soccernomics dan Profesor Manajemen Olahraga dari Universitas Michigan Stefan Szymanski dikutip dari Forbes, Sabtu (22/8/2020).

Mengutip Forbes, saat ini di Barcelona, Messi menerima gaji pokok di sekitar US$ 80 juta setiap tahun. Messi juga menerima pendapatan tambahan dari kontrak seumur hidup dengan Adidas. Pendapatannya tersebut membuat Messi masuk jajaran 3 besar atlet bayaran termahal di dunia pada peringkat The World's Highest-Paid Athletes 2020 dan menyabet jajaran 5 besar selebritis terkaya di dunia dalam peringkat Celebrity 100-2020.

Sepanjang kariernya, Messi telah dianugerahi sebagai pemain terbaik FIFA dan dinobatkan sebagai Golden Shoe Eropa alas pencetak gol terbanyak di liga-liga Eropa. Messi tercatat sudah mencetak sebanyak 438 gol, termasuk 36 hat-trick untuk Barcelona.

Selain itu, superstar Argentina tersebut juga punya lini pakaiannya sendiri dan membuka gerai ritel pertamanya, The Messi Store pada September 2019 silam di Barcelona.

Di luar itu, Messi juga terlibat dalam aksi sosial, yang terbaru, ia ditunjuk oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Maret 2020 lalu, untuk memimpin kampanye di seluruh dunia yang bertujuan menghentikan penyebaran pandemi COVID-19.



Simak Video "Messi Mau Hengkang, Fans Barcelona Unjuk Rasa di Camp Nou"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)