Ribuan Pilot Pensiun Dini, Maskapai Putar Otak Cegah Cuti Massal

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 24 Agu 2020 14:10 WIB
Delta Airlines Beli Airbus
Foto: Reuters
Jakarta -

Maskapai asal Amerika Serikat, Delta Air Lines dan Asosiasi Pilot Jalur Udara AS atau Air Line Pilots Association (ALPA) tengah merencanakan bagaimana menghindari cuti massal sebagai imbas 1.806 pilot secara sukarela mengambil program pensiun dini.

Dikutip dari Reuters, Senin (24/8/2020) Delta mengatakan kebijakan cuti dan pensiun dini itu merupakan pilihan terakhir dalam langkah pemulihan maskapai. Namun, maskapai tetap mempertimbangkan kebijakan itu dengan melibatkan ALPA.

Maskapai memprediksi akan ada 2.258 pilot yang akan terdampak cuti paksa. Dewan Eksekutif Utama (MEC) dari ALPA berharap maskapai bisa mengeluarkan opsi program pensiun sukarela lainnya untuk pilot.

Kepala operasi penerbangan Delta John Laughter mengatakan perusahaan hingga kini terus menambah langkah perubahan pemulihan. Berbagai langkah pemulihan itu akan dipetakan untuk beberapa tahun ke depan. Delta mengungkap akan mengumumkan langkah-langkah itu mulai pekan depan. Namun, maskapai tidak merinci bagaimana rencana selanjutnya.



Simak Video "Delta Air Lines AS Blokir Deretan Bangku Tengah hingga 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)