Gorontalo hingga Bogor Mau Utang Rp 5 T ke SMI

Hendra Kusuma - detikFinance
Senin, 24 Agu 2020 14:15 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melantik pejabat eselon II
Menkeu Sri Mulyani Indrawati/Foto: Dok. Kementerian Keuangan
Jakarta -

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan sejumlah daerah sudah mengajukan pinjaman dalam rangka pemulihan ekonomi nasional (PEN). Daerah tersebut adalah Gorontalo, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Kabupaten Probolinggo, dan Kota Bogor.

"Beberapa provinsi dan daerah lain seperti Gorontalo, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Kabupaten Probolinggo, dan Kota Bogor telah menyampaikan keinginan untuk mendapat pinjaman daerah yang berbunga sangat rendah atau nol persen," kata Sri Mulyani rapat kerja (raker) bersama Komisi XI DPR membahas perkembangan pemulihan ekonomi nasional (PEN), Senin (24/8/2020).

Total pinjaman yang diajukan lima daerah ini sekitar Rp 5,05 triliun. Di mana Gorontalo mengajukan sekitar Rp 30 miliar, Sulawesi Selatan Rp 1,95 triliun, Sulawesi Utara sekitar Rp 1,02 triliun, Kabupaten Probolinggo sekitar Rp 9,38 miliar, dan Kota Bogor sekitar Rp 2,05 triliun.

Usulan yang diajukan oleh lima daerah ini menyusul DKI Jakarta dan Jawa Barat yang sudah terlebih dahulu mengajukan pinjaman kepada pemerintah pusat melalui PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI).

"Untuk tahun 2021 kita sudah mendapatkan permintaan dari beberapa daerah dan ini sudah kita masukan dan akan kita bahas dalam RAPBN 2021 sehingga total untuk pinjaman daerah dalam masa sulit, di mana PAD mereka mengalami penurunan yang sangat drastis saat ini mencapai Rp 28,32 triliun," ungkap dia.

Perlu diketahui, pemda bisa mengajukan pinjaman atau utang kepada pemerintah pusat mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 43 Tahun 2020 tentang perubahan atas PP Nomor 23 Tahun 2020 tentang pelaksanaan program PEN dalam rangka mendukung kebijakan keuangan negara untuk penanganan pandemi Corona dan atau menghadapi ancaman yang membahayakan perekonomian nasional dan atau stabilitas sistem keuangan serta penyelamatan ekonomi nasional.

Berlanjut ke halaman berikutnya.



Simak Video "Momen Menkeu Sri Mulyani Puji Lulusan STAN Ini Perempuan Hebat"
[Gambas:Video 20detik]