Negosiasi Dagang Inggris-Uni Eropa Masih Buntu

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 24 Agu 2020 15:40 WIB
KTT Uni Eropa, Penentuan Brexit Hingga Konflik Suriah
Foto: DW (News)
Jakarta -

Negosiasi kesepakatan dagang antara Inggris dan Uni Eropa usai Brexit atau keluarnya Inggris dari Uni Eropa pada pekan lalu berujung buntu. Kedua belah pihak, sepakat diskusi akan diperpanjang 2 bulan lagi hingga pertengahan Oktober. Diskusi selanjutnya berlangsung pada 7 September mendatang.

Negosiator UE, Michle Barnier mengatakan negosiasi perdagangan pekan lalu tidak mendapatkan terobosan baru karena mengarah ke permasalahan di luar agenda, seperti hak penangkapan ikan komersial. Hal ini dianggap Barnier hanya membuang-buang waktu dan sulit mencapai kesepakatan baru.

"Pada tahap ini, kesepakatan antara Inggris dan Uni Eropa tampaknya tidak mungkin. Saya benar-benar tidak mengerti mengapa kita membuang-buang waktu yang berharga," ujar Barnier, dikutip dari CNN, Senin (24/8/2020).

Sedangkan menurut negosiator Inggris David Frost kebijakan perikanan masih masuk dalam poin-poin penting. Frost menganggap kesepakatan dagang masih mungkin dilakukan, meski sulit.

"Ada bidang penting lainnya yang masih harus diselesaikan dan, bahkan ada pemahaman luas antara negosiator yang harus diselesaikan. Namun, waktu yang kita meiliki terlalu singkat," katanya.

Perlu diketahui Inggris meninggalkan Uni Eropa pada bulan Januari tahun lalu. Tetapi ketentuan perdagangan dengan UE tidak berubah selama periode transisi yang akan berakhir pada akhir tahun 2020. Jika negosiator gagal untuk membuat kesepakatan baru, perusahaan Inggris akan menghadapi biaya perdagangan yang lebih tinggi.

Pejabat UE dan Inggris mengatakan kesepakatan dagang ini diharapkan dapat memperbaiki ekonomi Inggris yang telah terpuruk sejak Brexit. Output ekonomi Inggris menyusut dengan rekor 20,4% pada kuartal-II 2020. Mendorong negara itu terperosok ke jurang resesi. Selain itu. sekitar 730 ribu pekerjaan telah dicabut, sejak pandemi virus Corona memaksa bisnis tutup pada Maret lalu.



Simak Video "Inggris Siap TInggalkan Uni Eropa Mulai 1 Januari 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)