Sri Mulyani Sebut Ekonomi Kuartal III-2020 Bisa Minus 2%

Hendra Kusuma - detikFinance
Selasa, 25 Agu 2020 12:23 WIB
Menkeu Sri Mulyani Indrawati melantik Kepala BKF dan Dirut LMAN
Foto: Dok. Kementerian Keuangan
Jakarta -

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan outlook pertumbuhan ekonomi pada kuartal III-2020 berada di kisaran 0% hingga minus 2%. Hal tersebut menyusul belum terjadinya pembalikan ekonomi nasional yang solid.

"Kita memang melihat di kuartal III downside risk tetap menunjukkan risiko yang nyata, kuartal III outlook-nya antara 0% hingga negatif 2%," kata Sri Mulyani dalam konferensi APBN KiTa, Jakarta, Selasa (25/8/2020).

Dengan outlook tersebut, Sri Mulyani mengungkapkan pertumbuhan ekonomi nasional sepanjang tahun 2020 akan berada di kisaran minus 1,1% hingga positif 0,2%.

Menurut Sri Mulyani, kunci agar ekonomi tanah air berada di zona positif adalah konsumsi rumah tangga dan investasi.

"Kuncinya konsumsi dan investasi, kalau konsumsi dan investasi di negatif zone meski pemerintah sudah all out dari sisi belanjanya akan sangat sulit masuk zona netral atau nol pada tahun ini," jelasnya.

"Makanya Bapak Presiden kan minta beberapa menteri untuk fokus melihat pada indikator investasi karena kuartal II kemarin kontraksinya cukup dalam, kita harap di kuartal III dan IV mulai pulih paling tidak mendekati nol persen ini," tambahnya.



Simak Video "Sri Mulyani Harap Ekonomi RI Tumbuh di Atas 4 Persen di Kuartal III"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/eds)