Banyak Duit, Google Suntik Rp 1,4 T ke Perusahaan Ini

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 25 Agu 2020 13:58 WIB
Google: WHO dan Pemerintah AS Jadi Target Serangan Phising
Foto: DW (News)
Jakarta -

Perusahaan teknologi Google menginvestasikan US$ 100 juta setara Rp 1,4 triliun (kurs Rp 14.670) ke perusahaan layanan kesehatan virtual asal Amerika Serikat, Amwell yang sebelumnya dikenal American Well. Kemitraan ini akan memindahkan bisnis Amwell ke layanan Google Cloud.

Sebelumnya Amwell berada di layanan Amazon Web Service. Pihak Amwell mengungkap kemitraannya dengan Google secara khusus akan memindahkan kemampuan kinerja video ke Google Cloud. Selanjutnya, Google dan Amwell akan membangun penjualan dengan meningkatkan kemampuan teknologi Amwell. Salah satunya menambah kapabilitas teknologi Artificial Intelligence (AI).

Dikutip dari CNBC, Selasa (25/8/2020) Direktur Solusi Kesehatan dari Google Cloud Aashima Gupta mengatakan sejak pandemi virus Corona orang lebih cenderung menghindari rumah sakit. Kini penggunaan telehealth atau layanan kesehatan virtual telah meningkat. Dia berharap layanan Amwell akan menguntungkan rumah sakit, layanan kesehatan, dan pasien.

Amwell mengatakan layanannya mengalami peningkatan kunjungan hingga 1.000% terkait virus Corona. Pada beberapa wilayah peningkatannya 3.000% hingga 4.000%. Pendapatan juga meningkat 77% dalam enam bulan pertama tahun 2020, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Pendapatan Amwell naik dari US$ 69 juta (Rp 1 triliun) menjadi US$ 122 juta (Rp 1,7 triliun). Namun, kerugian bersihnya hampir tiga kali lipat selama periode yang sama, dari US$ 41 juta (Rp 600 miliar) dalam enam bulan pertama tahun 2019 menjadi US$ 111 juta (Rp 1,6 triliun) pada paruh pertama 2020.

Kini Amewll menghadapi persaingan ketat dengan Livongo dan Teladoc, dua perusahaan yang baru-baru ini bergabung. Merger itu meningkatkan serangkaian layanan keduanya, termasuk alat untuk memantau pasien dengan kondisi kesehatan kronis seperti diabetes dan hipertensi.

Amwell saat ini bekerja dengan sekitar 2.000 rumah sakit, 55 rencana kesehatan, dan 36.000 layanan pekerjaan.



Simak Video "Batal Dibatasi 1 Jam, Video Call Google Meet Masih Gratis 24 Jam"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)