Anies Baswedan Minta PUPR Buka Tol Dalam Kota untuk Jalur Sepeda

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 26 Agu 2020 12:12 WIB
Sejumlah kendaraan memadati ruas jalan di kawasan Semanggi, Jakarta, Selasa (19/5/2020). Meski masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) masih berlangsung, sejumlah warga dengan kendaraannya mulai memadati lalu lintas Ibukota. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/hp.
Foto: ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berkirim surat kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono untuk memberikan izin membuka satu ruas tol sebagai jalur sepeda.

Berdasarkan surat yang diterima detikcom, Anies meminta Tol Lingkar Dalam Jakarta (Cawang-Tanjung Priok) sisi barat untuk jalur sepeda guna mengakomodir pengguna sepeda setiap hari Minggu pukul 06.00-09.00 WIB.

Hal itu diminta mengingat tingginya pengguna sepeda di DKI Jakarta selama masa pandemi. Di samping itu juga Pemprov DKI Jakarta telah melakukan pembangunan jalur sepeda sepanjang 63 kilometer (km) yang berlokasi di 22 ruas jalan provinsi DKI Jakarta.

Saat dikonfirmasi, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit membenarkan hal tersebut. Anies mengajukan surat tersebut pada 11 Agustus 2020.

"Ada permintaan (jalan tol dibuka untuk jalur sepeda)," kata Danang kepada detikcom, Rabu (26/8/2020).

Dia belum bisa memastikan apakah permintaan tersebut akan dikabulkan atau tidak. Saat ini pihaknya sedang membahas dan mengevaluasi bersama Bina Marga termasuk memperhitungkan risiko keselamatan jika itu diterapkan.

"Sedang dibahas dan dievaluasi oleh Bina Marga dan BPJT untuk aspek safety dan pengoperasian termasuk durasi dan sistem implementasi," jelasnya.



Simak Video "Pengamat soal Pilkada DKI 2024: Jika Anies vs Gibran, Akan Ketat Sekali"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)