Bos Holding Tambang Minta Insentif, Dirjen Pajak Mau Kasih?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 04 Sep 2020 13:22 WIB
Dirut Pelindo III Orias Petrus Moedak di Kantor Kemenko Kemaritiman
Foto: Fadhly Fauzi Rachman
Jakarta -

Direktur Utama Holding Tambang BUMN Mining Industry Indonesia (MIND ID) Orias Petrus Moedak menyinggung insentif perpajakan. Orias menyinggung insentif perpajakan saat menandatangani nota kesepahaman tentang integrasi data perpajakan antara Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan MIND ID.

"Semua bagian negara kita kan bayar. Jadi teman-teman di sini untuk pajak kita sangat support. Kami berharap juga apabila biasanya kalau kita udah niat baik, biasanya berharap ada insentif-insentif. Kalau ada insentif pajak kita mau, kita juga diikutsertakan," katanya dalam Peresmian Integrasi Data Perpajakan antara DJP dengan MIND ID, Jumat (4/9/2020).

"Apapun juga yang namanya insentif sebagai perusahaan kami sangat terbuka dan menyambut insentif tersebut karena itu akan membantu kami," tambahnya.

Merespons hal itu, Direktur Jenderal Pajak Kemenkeu Suryo Utomo mengatakan dengan adanya integrasi data perpajakan ini insentif yang bakal diberikan di antaranya minimnya pemeriksaan. Sebab, data perusahaan terhubung dengan DJP.

"Jadi kalau tadi disampaikan saya mengambil quote Pak Orias setelah bergabung insentif apa yang diberikan? Insentifnya Pak Totok nggak meriksa-meriksa. Benar nggak Pak Totok?" ujarnya.

Dia menuturkan, selain itu insentif yang bakal didapat oleh holding tambang ialah efisiensi. Sebab, integrasi data perpajakan membuat orang yang mengelola administrasi menjadi berkurang.

"Dan insentif lain bukan dalam bentuk potong pajak atau bebaskan sebagian kewajibannya, insentif lain mungkin suatu saat efisiensi ada di masing-masing institusi. Sekarang mungkin bapak memerlukan 10 orang untuk mengelola perpajakan dengan sistem ini mungkin 2-3 orang cukup," terang Suryo.



Simak Video "Catat! Ini 7 Wilayah yang Berlakukan Pemutihan Denda Pajak Kendaraan"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/fdl)