Selain Makanan dan Baju, UMKM Bisa Juga Jualan Hal Ini

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 06 Sep 2020 16:14 WIB
Penjualan Masker di Pasar Pramuka
Foto: Penjualan Masker di Pasar Pramuka (Hendra Kusuma/detikcom)
Jakarta -

Sektor UMKM diminta jangan cuma memproduksi dan menjual produk makanan minuman dan pakaian saja. Hal itu diungkapkan oleh Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Luhut juga meminta UMKM berpikir lebih out of the box dalam mencari peluang usaha, apalagi di tengah kondisi pandemi Corona. Lalu selain makanan minuman dan fesyen, apa saja sih usaha yang menguntungkan buat UMKM?

Direktur Center of Reform on Economics (Core) Mohammad Faisal mengatakan bahwa di tengah kondisi krisis kesehatan seperti ini sektor kesehatan bisa jadi opsi bagi UMKM. Dia mengatakan UMKM bisa menjual obat-obatan.

"Kalau sekarang ini saya lihat di sektor kesehatan lagi bagus. Jual obat-obatan herbal misalnya, apalagi sekarang isu kesehatan sedang naik kan," ujar Faisal kepada detikcom, Minggu (6/9/2020).

Dia mengatakan produk herbal tradisional akan laku di pasar, bahkan jadi potensi yang besar. Bahan-bahannya pun mudah ditemui dan pembuatannya pun mudah.

"Produk obat herbal tradisional itu jadi peluang bisnis dengan potensi besar yang baru, apalagi pandemi begini kondisinya. Bahan bakunya juga mudah dan murah," kata Faisal.

Di sisi lain, Ketua Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Ikhsan Ingratubun mengatakan UMKM juga perlu untuk masuk ke dalam produksi pangan. Pasalnya, selama ini produk pangan banyak yang impor.

Di tengah situasi Corona yang membuat perdagangan internasional sulit dilakukan, ada kesempatan untuk UMKM memenuhi kebutuhan pangan nasional dengan produknya.

"Industri pangan, kayak pertanian, perkebunan, atau perikanan. Selama ini pasarnya masih banyak, cuma memang kalah sama impor," jelas Ikhsan kepada detikcom.



Simak Video "Mulai 5 Februari Alat Deteksi Covid-19 GeNose Diterapkan di Stasiun KA"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)