5 Fasilitas Khusus Buat TKI di Bandara Soetta

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 06 Sep 2020 16:58 WIB
34 Ribu TKI Pulang ke Tanah Air Berpotensi Hadapi Kesulitan Kerja, Bagaimana Antisipasinya?
Foto: DW (News)
Jakarta -

PT Angkasa Pura II (Persero) menyiapkan fasilitas khusus untuk para pekerja migran Indonesia (PMI) atau tenaga kerja Indonesia (TKI). Fasilitas tersebut mulai dari jalur khusus hingga pemasaran UMKM milik para pekerja.

Fasilitas itu akan disiapkan di Bandara Soekarno Hatta yang merupakan titik keberangkatan dan kepulangan para pekerja dari luar negeri.

"Terdapat 5 fasilitas khusus bagi pekerja migran Indonesia di Bandara Soekarno-Hatta dan kemudian menyusul di bandara-bandara lainnya. Kami berharap dengan fasilitas ini maka pelayanan di bandara bagi pekerja imigran yang merupakan pahlawan devisa bagi Indonesia akan jauh lebih baik," jelas President Director AP II Muhammad Awaluddin, dalam keterangannya, Minggu (6/9/2020).

Berikut ini, rincian 5 fasilitas khusus yang disiapkan bagi pekerja migran Indonesia di Bandara Soekarno-Hatta:

1. Jalur Khusus (special lane)

Angkasa Pura II akan menyiapkan jalur khusus bagi pekerja migran Indonesia, fasilitas ini akan dilakukan mulai akhir September 2020. Jalur khusus ini antara lain terdapat di konter imigrasi untuk memproses keberangkatan dan kepulangan.

"Umumnya jalur khusus hanya diperuntukkan bagi penumpang first class/business class, lalu kru pesawat, kemudian pemegang KITAS, dan pemegang paspor diplomatik. Dalam waktu dekat, Soekarno-Hatta akan menyediakan jalur khusus bagi pekerja migran Indonesia, dan ini menjadi yang pertama di Indonesia bahkan mungkin dunia. Ini sebagai bentuk apresiasi kami kepada para pahlawan devisa," jelas Awaluddin.


2. Meja Informasi Khusus

Angkasa Pura II juga menyiapkan konter help desk alias meja informasi khusus bagi pekerja migran Indonesia di Terminal 3 kedatangan internasional Bandara Soekarno-Hatta, tepatnya di area baggage claim.

Konter ini khusus untuk membantu seluruh pekerja migran Indonesia ketika kembali pulang ke tanah air. Jika pekerja migran Indonesia merasa kebingungan atau kesulitan ketika tengah berada di bandara, maka personel help desk senantiasa membantu.

"Personel help desk khusus pekerja migran Indonesia nantinya bisa saling bersinergi dengan customer service PT Angkasa Pura II sehingga bantuan yang diberikan kepada pekerja migran Indonesia dapat optimal dan maksimal," ujar Awaluddin.

Fasilitas lain ada di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Detik-detik Penggerebekan Tempat Penampungan Calon TKI Ilegal di Cirebon!"
[Gambas:Video 20detik]