3 Tips Lindungi Dokumen dan Surat Berharga dari Kebakaran

Abu Ubaidillah - detikFinance
Senin, 07 Sep 2020 12:08 WIB
Iliustrasi Dokomen Penting
Foto: shutterstock
Jakarta -

Aset berharga seperti dokumen hingga surat-surat penting harus selalu dijaga dari berbagai risiko kerusakan, salah satunya seperti dari risiko kebakaran yang bisa terjadi kapan saja.

Kebakaran sendiri merupakan kecelakaan yang bisa terjadi secara tak terduga, untuk itu jauh-jauh hari Anda harus menyiapkan berbagai antisipasi agar dokumen dan surat berharga Anda terlindungi.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk melindungi dokumen dan surat berharga dari kebakaran seperti dilansir dari Better Homes & Garden.

1. Menggunakan Safe Deposit Box

Safe deposit box merupakan penyimpanan dokumen dan surat berharga yang ada di bank. Metode penyimpanan merupakan cara yang sangat aman untuk menyimpan surat berharga dan dokumen.

Pada safe deposit box, dokumen penting Anda akan disimpan di dalam lemari besi, baja, atau beton. Keamanan untuk membuka dokumen pun dijaga dengan sangat ketat menggunakan sensor gerak, kamera video, detektor panas, atau perangkat keamanan lainnya sesuai kebijakan bank masing-masing.

2. Menyimpannya di Brankas Rumah

Bila Anda ingin menyimpan dokumen keuangan Anda secara aman di rumah, Anda bisa membeli brankas yang tahan api dan kedap air. Tentunya penyimpanan semacam ini bisa melindungi dokumen dan surat berharga Anda dari berbagai macam risiko kerusakan, terutama kebakaran.

Ketika rumah Anda tiba-tiba kebakaran, brankas yang tahan api akan melindungi dokumen dan surat berharga Anda dari risiko hangus akibat dilahap api.

3. Backup Secara Online

Cara lain untuk memastikan keamanan dokumen digital Anda adalah dengan menggunakan penyimpanan dokumen online, seperti di Dropbox, Google Drive, dan sebagainya. Anda bisa melakukan scan dokumen dan mengunggahnya ke tempat-tempat penyimpanan online tersebut.

Namun ketika memilih penyimpanan online, perlu diperhatikan juga tingkat keamanannya. Buatlah sandi yang sulit ditebak agar seseorang tidak mudah meretas dan mengakses dokumen penting Anda.

Selain dengan berbagai pilihan metode penyimpanan untuk melindungi dokumen Anda, upaya lain yang bisa dilakukan untuk menghindari dokumen dari risiko kebakaran adalah dengan membeli polis asuransi.

Perlindungan ekstra juga bisa Anda lakukan dengan cara membeli polis Asuransi Kebakaran dari Mega Insurance. Memiliki Asuransi Kebakaran dari Mega Insurance bisa meminimalisir risiko kehilangan aset yang disebabkan karena kebakaran.

Adapun berbagai manfaat yang dimiliki Asuransi Kebakaran dari Mega Insurance, antara lain jaminan terhadap kerusakan material pada properti yang disebabkan oleh kebakaran, petir, ledakan, kejatuhan pesawat terbang, hingga asap.

(ega/hns)