Viral Pertarungan Dua Merek Sepatu Lokal, Compass Vs Campess

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 07 Sep 2020 18:15 WIB
Antrian sepatu Compass
Sepatu Compass (Foto: Daniel Ngantung/Wolipop)
Jakarta -

Sebuah pertarungan dua brand sepatu lokal dengan nama mirip sedang viral di dunia maya. Dua merek tersebut yaitu Campess, yang meniru brand lokal Compass.

Jadi awalnya, pemilik Compass Kahar Gunawan melaporkan akun Instagram Campess hingga berujung suspend karena merasa tidak terima brand-nya telah ditiru. Namun, berdasarkan surat terbuka yang dibagikan akun Instagram @sepatucampessofficial, pemilik Compass ingin mengambil alih brand Campess.

"Terima kasih Bapak Kahar Gunawan, setelah Bapak sebelumnya melaporkan dan mematikan media sosial kami yang menjadi media promosi usaha kami, sekarang Bapak juga mau mengambil sepenuhnya hasil jerih payah kami. Semoga Bapak berkah atas usahanya dan menjadi berkah untuk semua, tapi kami sudah berjanji tidak akan pernah menyerah Pak. Semoga Tuhan memberkati Bapak beserta merek Anda sepatu Compass," kata pihak Campess melalui surat terbuka yang dikutip detikcom, Senin (7/9/2020).

Berdasarkan cerita yang dibagikan pemilik akun Twitter @befuckingvano, saat ini Compass ingin mengakuisisi Campess secara sepihak. Dia pun sangat miris melihat pertarungan sesama dua brand lokal tersebut, terlebih Campess dinilai sudah memiliki hak cipta brand.

"Sungguh ironi sekali drama perlokalan ini. Padahal kalo brand parodi di luar negeri kaya gini selow-selow ae," katanya.

Dia menilai, meniru nama brand lain sah saja jika tidak menjiplak hasil karyanya. Sebab, banyak hal serupa juga terjadi dengan brand luar negeri.

"Klo diluar negeri ada Bape, brand milik Nigo bikin sepatu yg dikasih nama Bapesta. Siluet sepatu tsb diambil dari Nike Air Force 1. Di Bapesta ini logo swoosh yg menjadi ciri khas dari Nike di ganti menjadi Bintang oleh Nigo. Apakah Nike protes? Tidak dong," jelasnya.

Sepatu Compass dan Campess dinilai berbeda dalam segi logo. Lalu penamaan disetiap seri atau artikel klasik Compass adalah 'Gazelle', sedangkan di Campess adalah 'Gatelli'. Atas dua dasar itu, Campess dinilai bukan produk imitasi melainkan hanya memparodikan nama brand.

"Jadi saya berani bilang bahwa Sepatu Campess BUKAN produk palsu, imitasi dan sejenisnya. Melainkan mereka adalah produk bootleg atau parodi. Utk Campess semoga diberi kekuatan lebih dlm menjalankan cobaan yg sedang dilalui. Utk Compass, tolong agar bisa lebih santuy hehe peace," tulisnya.



Simak Video "Fashion Lokal Jelajah Dunia Luar"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)