Siapa Saja yang Bakal Dapat Vaksin Gratis?

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 09 Sep 2020 18:30 WIB
Virus corona: China diam-diam uji coba vaksin Covid-19 pada para pekerja
Ilustrasi/Foto: BBC World
Jakarta -

Vaksin virus Corona akan mulai disuntikkan ke masyarakat mulai Januari 2021. Nantinya akan ada masyarakat yang diberikan secara gratis, dan ada pula yang berbayar alias vaksin mandiri.

Pemerintah berencana memberikan vaksin Corona gratis kurang lebih untuk 98 juta orang. Mereka adalah yang tercatat sebagai Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan.

"Yang pasti yang PBI penerima bantuan iuran BPJS kalau nggak salah 97 atau 98 juta orang itu akan mendapatkan vaksin gratis, yang 98 juta," kata Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang Brodjonegoro di Komisi VII DPR Jakarta, Selasa (8/9/2020).

Namun dia menjelaskan, hingga saat ini belum ada kebijakan mengenai pembiayaan vaksin.

"Dan sejauh ini mengenai pembiayaan vaksin di masyarakat tentunya belum ada policy-nya karena vaksinnya belum official," sebutnya.

Pemerintah, lanjut dia nantinya akan melihat lagi kebijakan di luar PBI. Dijelaskannya hal tersebut baru informasi awal, belum menyeluruh.

"Nah nanti tentunya pemerintah dan Kementerian Kesehatan akan melihat siapa lagi nanti, atau bagaimana biaya vaksin untuk di luar PBI. Jadi ini informasi awal belum informasi yang menyeluruh," tambahnya.



Simak Video "Pondasi Utama Pecegahan Corona Sebelum Vaksin"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/eds)