Selain Pulsa, Pemerintah Mau Sebar Tablet Murah ke Masyarakat

Vadhia Lidyana - detikFinance
Kamis, 10 Sep 2020 11:57 WIB
Boys are using digital tablet and is sitting on a sofa at home in Kuala Lumpur, Malaysia.
Foto: iStock
Jakarta -

Pemerintah sudah menyediakan program subsidi pulsa untuk murid dan guru yang berlaku mulai September-Desember 2020. Anggaran yang disediakan untuk program tersebut sebesar Rp 7,2 triliun.

Subsidi pulsa itu dikirimkan langsung ke nomor murid, atau pun ke orang tua bagi murid yang tak miliki ponsel.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah juga akan menambahkan program baru yakni menyediakan tablet murah kepada masyarakat. Pasalnya, pemerintah melihat harus ada evaluasi dalam penyaluran subsidi pulsa, yang sebagian besar disalurkan kepada orang tua.

"Program subsidi pulsa murid dan guru, jumlahnya Rp 7,2 triliun. Dan ini juga salah satu program kami lihat bagaimana menyediakan tablet murah untuk masyarakat. Karena kita ketahui pulsa sebagian besar student menggunakan nomor orang tua. Sehingga agar tepat sasaran mekanismenya terus didalami oleh pemerintah," kata Airlangga dalam Rakornas Kadin yang digelar secara virtual, Kamis (10/9/2020).

Sebagai informasi, anggaran Rp 7,2 triliun untuk subsidi pulsa atau kuota internet kepada siswa, guru, dan mahasiswa, dan dosen itu masuk dalam anggaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Rinciannya, setiap bulan siswa akan mendapat 35 GB, kemudian guru akan mendapat kuota 42 GB. Sementara untuk dosen dan mahasiswa akan mendapat kuota 50 GB per bulan.

(fdl/fdl)

Tag Terpopuler