Kisah Sukses UMKM Kopi Dapat Kontrak Rp 1,2 M di Pertamina SMEXPO

Reyhan Diandri Ghivarianto - detikFinance
Jumat, 11 Sep 2020 14:15 WIB
Pertamina
Foto: dok Pertamina
Jakarta -

PT Pertamina (Persero) menghadirkan Pertamina SMEXPO 2020 untuk menginspirasi UMKM Indonesia dalam memiliki wawasan global sehingga bisa sukses di pasar internasional.

Lewat Coaching Session UMKM yang merupakan salah satu acara menarik yang memeriahkan acara Pertamina SMEXPO 2020, UMKM binaan Pertamina Bawadi Coffee membagikan pengalamannya memasarkan produknya di kancah internasional.

Owner Bawadi Coffee Teuku Dharul Bawadi mengatakan usahanya bergerak di industri kopi yang menawarkan produk Kopi Single Origin Aceh. Bawadi Coffee berkomitmen untuk membesarkan potensi kopi Aceh dan mengembangkan hasil tani kopi Aceh ke seluruh dunia. Ia pun menyatakan saat memulai bisnisnya, dirinya langsung terjun ke kancah internasional.

"Saya langsung ekspor ke Malaysia. Karena kalau saya fokus menjual di daerah sendiri maka saya akan kalah dengan kompetitor lainnya. Maka dari itu saya melihat ke pasar internasional," ujar Teuku, dalam keterangan tertulis, Jumat (11/9/2020).

Teuku merasa sangat terbantu setelah bergabung menjadi mitra binaan Pertamina pada tahun 2019. Bawadi Coffee diikutkan perlombaan dan memenangkan juara kedua award lokal hero. Usaha miliknya tersebut juga diberi kesempatan oleh Pertamina untuk mengikuti expo internasional di Tiongkok sehingga menerima kontrak ekspor senilai Rp 1,2 miliar.

"Terima kasih kepada Pertamina karena melakukan pameran SMEXPO. Saya mengajak seluruh pelaku UMKM untuk mengunjungi SMEXPO 2020 karena sangat mudah dan aman untuk berbelanja. Produknya juga adalah produk unggulan dan pilihan," ujar Teuku.

Sementara itu, dalam Coaching UMKM dengan tema 'Think Local, Act Global', Pertamina menghadirkan Konsultan Digital Jonathan End. Ia memaparkan pentingnya penggunaan digital termasuk sosial media dalam pemasaran produk UMKM pada era milenial.

"Indonesia ada 272 juta penduduk, di antaranya 64% menggunakan internet dengan rata-rata 8 jam menggunakan internet. Di dalamnya 59% menggunakan sosial media dengan rata-rata 3 jam. Jadi sangat penting bagi UMKM untuk menggunakan sosial media," ujar Jonathan.

Jonathan mendorong UMKM untuk mempelajari bagaimana penggunaan sosial media dengan tepat yang dapat menggaet para pembeli, baik itu dari dalam negeri maupun ke luar negeri. Ia juga mengatakan bahwa UMKM tidak perlu bingung karena pemasaran produk bisa dimulai dari e-commerce.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan Pertamina SMEXPO 2020 merupakan event penting bagi pelaku UMKM untuk saling berbagi pengalaman dan sekaligus mempromosikan produk unggulannya agar memiliki pasar luas di mancanegara.

"Pertamina terus mendorong pelaku UMKM agar tetap survive menghadapi tantangan pandemi COVID-19 bahkan bisa lebih maju lagi dengan memanfaatkan teknologi digital yang sedang tren," pungkas Fajriyah.

Sebagai informasi, Pertamina mengajak pelaku UMKM di seluruh Indonesia yang ingin meningkatkan kemampuan dan kapasitas bisnisnya untuk menjadi mitra binaan Pertamina. Banyak peluang yang bisa didapatkan menjadi mitra binaan, sehingga nantinya diharapkan bisa menjadi pelaku UMKM yang tangguh dan mandiri. Pelaku UMKM dapat mencari informasi lebih lengkap tentang program Pertamina tersebut dengan mengunjungi situs https://www.pertamina.com/id/program-kemitraan.



Simak Video "Es Kopi Susu Kekinian Jadi Tren Bisnis Milenial"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/hns)