Majukan UMKM, Pertamina Rogoh Rp 256,27 M hingga buat e-Learning

Nurcholis Ma - detikFinance
Sabtu, 12 Sep 2020 18:28 WIB
Pertamina
Foto: pertamina
Jakarta -

Pertamina memberi perhatian khusus buat UMKM di Indonesia. Mulai dari menggelontorkan modal kemitraan Rp 256,27 miliar buat UMKM terdampak pandemi, menggelar pameran virtual UMKM (Pertamina SMEXPO 2020), dan terbaru membuat sebuah e-learning khusus untuk pembinaan UMKM mitra binaannya.

VP Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman menjelaskan e-learning yang disediakan ini merupakan platform digital yang dapat diakses oleh semua mitra binaan Pertamina melalui www.belajarumkm-pertamina.com.

"Platform ini dibuat sebagai salah satu bentuk pembinaan UMKM menuju GO Digital. Dengan begitu, meski masih berada dalam masa pandemi, para UMKM bisa survive dan bertahan menjalankan roda bisnisnya," ujar Fajriyah dalam keterangan tertulis, Sabtu (12/9/2020).


Dijelaskan Fajriyah, di dalam platform tersebut, terdapat kelas-kelas yang dapat diikuti oleh UMKM binaan Pertamina. Seluruhnya akan dimulai dari tingkat dasar, yakni Basic, kemudian tingkat menengah atau Intermediate dan Advance.

Dia bilang semua level pembelajaran tersebut dapat diikuti peserta UMKM secara berurutan sehingga potensi dari tiap UMKM dapat terukur.

"Kami berharap platform e-learning UMKM ini dapat menjadi cara baru bagi UMKM untuk kembali belajar. Sehingga dapat menjadikan UMKM itu sendiri menjadi unggul dan naik kelas," tuturnya.

Fajriyah menuturkan upaya ini juga merupakan salah satu bentuk upaya mencapai pembangunan berkelanjutan atau SDG yang diharapkan dapat membantu masyarakat mendapat pekerjaan layak dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Lebih lanjut Fajriyah mengatakan selain membina UMKM secara langsung, dalam masa pandemi ini Pertamina juga bekerja sama dengan berbagai pihak untuk menyalurkan modal kemitraan terutama bagi UMKM yang terdampak pandemi. Total dana yang digelontorkan mencapai Rp 256,27 miliar.


Penyaluran modal kemitraan ini salah satunya dilakukan berkolaborasi dengan PT Bahana Artha Ventura (BAV), anak usaha dari PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (BPUI) salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) holding perasuransian dan penjaminan yang dikenal dengan Indonesia Financial Group (IFG).

"Melalui kerja sama ini, Pertamina memberikan modal usaha sebagai stimulus pelaku UMKM bangkit dari dampak pandemi COVID-19 dengan komitmen senilai Rp 150 miliar," ujar dia.

Lalu sinergi juga dijalin dengan Kementerian Koordinator Perekonomian untuk menyalurkan pembiayaan modal usaha bagi UMKM di sektor pangan. Nilai komitmen yang disepakati sebesar Rp 6,27 miliar.

"Lalu Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi untuk menyalurkan pembiayaan pembiayaan modal usaha bagi UMKM di wilayah Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) dengan nilai komitmen proyeksi sebesar Rp 100 miliar," pungkasnya.



Simak Video "Bikin Laper: Mencoba Dendeng hingga Rendang Vegetarian"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)