Wakil Ketua DPR Bertemu Ganjar, Bahas Pengembangan UMKM dan Investasi

Tim Detikcom - detikFinance
Minggu, 13 Sep 2020 15:02 WIB
Bos PT Panasonic Gobel Indonesia Rachmat Gobel, Ketua KPPU Syarkawi Rauf, anggota DPR Muh Sarmuji, Direktur Penyelesaian Perselisihan Kementerian Ketenagakerjaan Sahat Sinurat, dan chan Loulembah menjadi pembicara dalam diskusi yang membaha
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Wakil Ketua DPR-RI koordinator bidang industri dan pembangunan (korinbang) Rachmat Gobel pekan lalu bertolak ke Jawa Tengah. Rachmat bertemu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Rumah Dinas Puri Gedeh, Jumat (11/9/2020) membahas investasi Industri Kecil Menengah (IKM) dan omnibus law yang menguntungkan bagi usaha kecil menengah.

"Menyampaikan dan membahas bagaimana kondisi industri kecil menengah atau usaha kecil menengah di daerah-daerah. Khususnya sektor handicraft, meubel, tekstil, batik, dan juga sektor kuliner yang akan dikunjungi di daerah Jepara dan beberapa daerah lainnya," kata Rachmat Gobel dalam keterangannya, Minggu (13/9/2020).

Rachmat mengatakan, pemerintah tengah menyiapkan undang-undang tenaga kerja. Diharapakan aturan itu bisa mendukung industri kecil dan menengah.

"Nah bagaimana itu (undang-undang) bisa mendukung industri kecil menengah. Untuk itu kami mengunjungi agar bisa mendapat masukan dan nanti bisa didiskusikan dengan pemerintah pusat," kata Rachmat.

Dikatakan mantan Menteri Perdagangan ini, pemerintah diharapkan tak hanya fokus menarik investasi di level tinggi, peluang besar juga terbuka di sekotir industri kecil.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan kunjungan Rachmat Gobel di Jawa Tengah untuk melihat langsung apa yang terjadi di masyarakat serta suasana kebatinan masyarakat ketika pemerintah pusat dan DPR akan membahas undang-undang omnibus law, khususnya tentang investasi.

"Beliau mau lihat langsung kira-kira UKM itu ada di mana. Apakah bisa masuk dalam sistem undang-undang ini dan menguntungkan. Mana yang musti diproteksi, mana yang boleh dibuka, dan mana yang boleh setengah buka saja," katanya.



Simak Video "Ganjar Pranowo Sulap Instagram-nya Jadi Lapak Jualan UMKM"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/dna)