Mentan-Ketua Komisi IV Debat Panas soal Lumbung Pangan di Kalteng

Vadhia Lidyana - detikFinance
Senin, 14 Sep 2020 12:41 WIB
RDP Mentan-DPR
Foto: RDP Mentan-DPR (Soraya Novika/detikcom)
Jakarta -

Pembahasan Lumbung Pangan Nasional (food estate) di Kalimantan Tengah (Kalteng) antara Komisi IV DPR RI dengan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) kian memanas. Pembahasan bergulir dalam rapat kerja (Raker) antara Syahrul dengan Ketua Komisi IV DPR RI dari fraksi PDIP Sudin.

Dalam paparannya, Syahrul menjelaskan soal proyek lumbung pangan tersebut di atas lahan potensial 164.598 hektare (Ha). Lalu di tahun 2020 ini akan mulai ditanami komoditas padi di atas lahan intensifikasi sekitar 30.000 Ha atau tepatnya 28.315 Ha.

"Pada 2020 ini dilakukan pengolahan lahan melalui intensifikasi pertanian seluas 30 ribu Ha dengan harapan dapat menyumbang produksi pangan pada tahun 2020," ungkap Syahrul dalam Raker dengan Komisi IV yang disiarkan virtual, Senin (14/9/2020).

Sudin mempertanyakan hal tersebut. Ia tak yakin jika sekitar 30.000 Ha bisa ditanami tahun ini. "Yang saya tanyakan bisa nggak September, Oktober, November, Desember bisa menanam 30.000 Ha?" tanya Sudin.

Syahrul menjawab, lahan tersebut bisa mulai ditanami. Pasalnya, lahan tersebut sudah tersedia saluran irigasi.

"Saya sih kalau melihat lapangan insyaallah. Karena ini irigasi primer, tersier, dan sekundernya sudah ada. Tinggal manajemen in-out dari yang 30.000 Ha itu masih memungkinkan untuk kita capai," terang Syahrul.

Namun, menurut Sudin lahan tersebut belum memiliki saluran irigasi layak pakai.

"Pak saya pernah menengok ke sana. 30.000 Ha itu masih rusak berat setahun yang lalu, ya. Januari atau Februari saya sudah meninjau ke sana. Rusak berat, masih dalam perbaikan. Makanya tadi saya tanyakan apakah bisa ditanam 30.000 Ha? Pakai apa tanamnya? 30.000 Ha itu banyak lho. Kalau melibatkan tenaga kerja itu mungkin puluhan ribu. Apakah ada tenaga kerja di sana? Sedangkan tenaga kerja di sana itu kan sangat kekurangan," tegas Sudin.

Selanjutnya
Halaman
1 2