Masih Ada yang Borong Belanja di Tanah Abang Meski PSBB Diperketat

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 14 Sep 2020 16:07 WIB
Penerapan PSBB secara ketat mulai diberlakukan di Jakarta mulai Senin (14/9) besok. Seperti apa kondisi di Tanah Abang jelang penerapan PSBB total di Ibu Kota?
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Di tengah penerapan pembatasan sosial berskala sosial (PSBB) yang diperketat, pasar dan pusat perbelanjaan masih diizinkan buka dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

Banyak pedagang pun tetap membuka kiosnya di hari pertama penerapan pengetatan PSBB di Jakarta, di Pasar Metro Tanah Abang salah satunya. Namun, dari pantauan detikcom, Senin (14/9/2020), meski pasar tetap buka, masih belum banyak pembeli yang berkunjung ke pasar.

Kondisi pasar pun sangat lengang, tak banyak pembeli yang berlalu lalang. Meski sedikit, masih ada beberapa pembeli yang mau menghabiskan uangnya di Tanah Abang.

Salah satunya adalah seorang ibu-ibu dari Ciputat, Marsih namanya. Ditemui saat mau belanja, Marsih mengaku akan belanja banyak di Tanah Abang hari ini.

Dia mengatakan apa yang dia beli di sini akan dijualnya kembali di lingkungan rumah. Dia mengatakan memilih belanja di Tanah Abang karena bisa mendapatkan harga grosir, sehingga kalau dijual lagi dia bisa dapat untung.

"Ya kan di sini bisa beli grosiran, saya mah buat dijual lagi kan, makanya beli di sini, mau borong," ujar Marsih.

Soal PSBB, Marsih tak mengaku pusing, menurutnya yang penting dirinya melakukan protokol kesehatan. Mulai dari memakai masker, membawa hand sanitizer, hingga menjaga jarak di lingkungan publik.

Marsih juga menilai selama pasar masih dibuka, berarti dirinya selaku masyarakat masih boleh berbelanja.

"PSBB ya yaudah, selama pasar dibuka kan berarti kita boleh belanja dong. Masa mau dibuka doang. Kan yang penting kita pakai masker, cuci tangan, jaga jarak," ujar Marsih.

Sementara itu, ada juga Pipit ditemui detikcom saat berbelanja di Tanah Abang. Sama seperti Marsih, dia mengatakan belanja di Tanah Abang demi harga barang yang murah. Pipit mengatakan dirinya berbelanja pakaian dalam.

"Ya di sini kalau beli banyak murah. Saya lagi mau beli banyak soalnya," kata Pipit.



Simak Video "Sepekan PSBB Transisi Jilid II, Begini Suasana Mal di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)