Suasana Mal hingga Restoran di Hari Pertama PSBB Jakarta

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 14 Sep 2020 18:03 WIB
Situasi pusat perbelanjaan mal di tengah kota Jakarta tampak sepi saat hari pertama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diperketat. Begini penampakannya.
Suasana mal hingga restoran saat PSBB Jakarta hari pertama/Foto: Trio Hamdani/detikcom
Jakarta -

DKI Jakarta mulai menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) Senin (14/9/2020). Situasi di sejumlah restoran dan kafe tampak sepi di hari pertama kebijakan tersebut diberlakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Pantauan detikcom pada jam makan siang tadi, sejumlah restoran dan sejenisnya di sekitar kawasan Senopati, Jakarta Selatan tak tampak adanya keramaian. Kendaraan yang terparkir pun hanya ada beberapa, termasuk kendaraan bermotor roda dua untuk pengantaran makanan.

Bahkan di beberapa restoran terpampang jelas pengumuman yang menyatakan bahwa mereka hanya melayani take away alias tidak diperkenankan makan di tempat (dine in).

Hal itu menyusul adanya kebijakan Anies bahwa selama PSBB, restoran dan sejenisnya dilarang melayani makan di tempat. Mereka hanya boleh melayani pesan antar dan take away saja.

Sementara biasanya kawasan Senopati dan sekitarnya tampak ramai di jam-jam makan siang sebab berdekatan dengan kawasan perkantoran SCBD.

Lalu pantauan di pusat perbelanjaan juga sama sepinya. Di masa PSBB ini, mal buka dengan kapasitas 50%. Mal Plaza Senayan yang dikunjungi detikcom tampak lengang, terutama di tenant Fashion & Accessori, IT & Gadget, hingga department store.

Pegawai mal di tenant kecantikan nampak tidak begitu sibuk. Mereka tampak mengobrol satu sama lain sambil menunggu berharap ada pengunjung yang datang. Di beberapa tenant lain ada pegawai yang memilih untuk bersih-bersih.

Eskalator dan lift yang biasanya ramai juga saat ini tidak perlu mengantre untuk menaikinya. Begitu juga dengan toilet dan mushola, tampak sepi tak berpenghuni.

Berpindah ke seberangnya, mal Senayan City, juga menampilkan pemandangan serupa. Pukul 13.00 WIB tenant food & beverages di sini juga dikunjungi orang yang ingin makan siang untuk dibawa pulang meskipun terlihat lebih sepi.

Bagaimana suasana Pasar Tanah Abang? Langsung klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Sepekan PSBB Transisi Jilid II, Begini Suasana Mal di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]