Mau Usaha Odading Seperti Mang Oleh? Nih Cek Hitung-hitungannya!

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 15 Sep 2020 12:25 WIB
Roti odading
Foto: Instagram
Jakarta -

Camilan tradisional kue odading atau kue bantal sedang hits dan diminati masyarakat. Manis dan legitnya kue odading memberikan peluang bagus untuk dimanfaatkan menjadi peluang usaha.

Mengutip dari Agrowindo, Selasa (15/9/2020) usaha kue odading ini bisa dijalankan dalam skala rumahan dan bahan baku kue juga mudah didapat di toko-toko terdekat. Tentunya tidak memerlukan modal yang besar.

Dalam membuat kue odading pelaku usaha harus memperhatikan kue yang dihasilkan. Pemasaran usaha kue odading bisa dilakukan menggunakan gerobakan pinggir jalan, keliling kampung. Jika ingin lebih luas bisa memanfaatkan media sosial seperti line, facebook, instagram, twitter, dan lainnya.

Memulai usaha kue odading ada investasi atau modal yang harus disiapkan. Modal itu berkaitan dengan peralatan yang akan digunakan setiap harinya. Mulai dari etalase/ gerobak, panci, wadah, wajan, spatula, dan peralatan lainnya. Diperkirakan jumlah modal untuk peralatan senilai Rp 3 juta.

Selanjutnya, biaya tetap yang akan dikeluarkan dari penyusutan penggunaan peralatan tiap bulannya diperkirakan Rp 68 ribu. Modal yang akan dikeluarkan untuk bahan baku kue sekitar Rp 2,8 juta per bulan. Itu sudah termasuk penggunaan terigu, telur, gula, minyak goreng, sewa tempat, listrik, air, dan biaya lainnya untuk 1 bulan.

Jika ditotalkan modal pembuatan kue yang akan dikeluarkan tiap bulannya Rp 2,9 juta, nilai itu hasil dari penambahan biaya tetap dan biaya bahan baku. Jika kue odading dijual Rp 1.000/ 1 biji dan dalam sehari dapat menjual 150 kue odading. Penjual dapat mengantongi Rp 150 ribu per hari. Total satu bulan pendapatan mencapai Rp 4,5 juta.

Keuntungan pada usaha kue odading dihitung dari total pendapatan dikurangi biaya bahan baku atau Rp 4,5 juta dikurang Rp 2,9 juta. Dalam sebulan keuntungan didapat pada usaha kue odading kurang lebih Rp 1,5 juta per bulan.

Lama balik modal dalam usaha kue odading bisa dihitung dari investasi peralatan senilai Rp 3 juta dibagi keuntungan yang didapat yakni 1,5 juta. Hasilnya lama balik modal usaha kue odading selama 2 bulan, berdasarkan beberapa perkiraan investasi, modal, penjualan, dan keuntungan tersebut.

Kue odading sangat mudah dibuat dan dapat menguntungkan bila usahanya dijalankan dengan tepat. Peralatan dalam membuat kue odading harus memadai agar proses yang dijalankan maksimal.

Namun, besaran modal dan keuntungan bisa saja berbeda bagi setiap orang. Tergantung skala bisnis yang dilakukan. Hitungan tersebut masih merupakan estimasi kasar.

Kue odading yang merupakan kue tradisional ini belakangan mendadak ramai diperbincangkan di media sosial. Dalam sebuah video yang beredar, ada seorang pria yang memasarkan kue odading dengan cara yang unik dan tak biasa.



Simak Video "Penampakan Antrean Super Panjang Odading Mang Oleh yang Viral"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)