Facebook Beli Kantor Baru Meski Pegawainya WFH

Danang Sugianto - detikFinance
Selasa, 15 Sep 2020 23:00 WIB
Facebook India Dicecar Parlemen Terkait Unggahan Islamofobia
Foto: DW (News)
Jakarta -

Facebook membeli sebuah kantor yang merupakan markas dari perusahaan ritel yang bernama REI. Facebook menambah ruang kantornya di saat perusahaan itu berencana untuk menerapkan kerja dari rumah bagi karyawan untuk beberapa tahun ke depan.

Melansir CNN, Selasa (15/9/2020), REI mengumumkan pada bulan Agustus bahwa mereka telah memutuskan untuk menjual kompleks kampus seluas 400.000 kaki persegi di Bellevue, Washington.

Mereka telah mencapai kesepakatan untuk menjual properti seharga US$ 390 juta atau setara Rp 5,77 triliun (kurs Rp 14.800). Facebook (FB) membeli bangunan dan sebagian besar tanahnya seharga US$ 367,6 juta atau setara Rp 5,44 triliun. Sementara sisanya, dibeli oleh pengembang situs seluas 2 hektar.

Seperti banyak perusahaan teknologi, Facebook memindahkan sebagian besar karyawannya untuk bekerja dari rumah sejak Maret 2020 karena pandemi COVID-19.

Bulan lalu perusahaan mengatakan akan memperpanjang kebijakan kerja dari rumah hingga Juli tahun depan karena masalah kesehatan. CEO Mark Zuckerberg mengatakan awal tahun ini bahwa dia dapat melihat setengah dari karyawan Facebook secara permanen bekerja dari jarak jauh dalam lima hingga 10 tahun ke depan.

Tetapi Facebook terus menambah staf sepanjang tahun ini dan menambahkan ruang kantor bersama mereka.

"Untuk mengatasi tenaga kerja kami yang berkembang pesat, kami terus melakukan investasi di lokasi kantor fisik," kata sebuah pernyataan dari Facebook.

"Pada kuartal kedua tahun 2020, kami menambah rekor 4.200 karyawan baru dan sekarang memiliki lebih dari 52.000 karyawan. Sementara Facebook membayangkan 50% karyawannya akan bekerja dari jarak jauh dalam 5-10 tahun ke depan, kantor kami masih sangat penting. Dengan budaya kami dan akan membantu mengakomodasi pertumbuhan yang diantisipasi dan memenuhi kebutuhan karyawan kami yang membutuhkan atau lebih memilih untuk bekerja dari kampus," tulis perusahaan.

Facebook, yang berbasis di Menlo Park, California, sudah memiliki tiga gedung lain yang sedang dibangun di kawasan bisnis yang sama dengan situs REI.

"Survei karyawan internal yang dilakukan perusahaan pada Mei menunjukkan bahwa sekitar 65% karyawan Facebook sangat ingin kembali ke kantor sesegera mungkin," kata Facebook.



Simak Video "Kebijakan Baru Facebook Jelang Pilpres di Amerika Serikat"
[Gambas:Video 20detik]
(das/dna)