Meksiko Gelar Lotre Berhadiah Jet Presiden

Soraya Novika - detikFinance
Rabu, 16 Sep 2020 11:06 WIB
Pesawat Kepresidenan Meksiko mau dijual tapi nggak laku-laku
Ilustrasi/Foto: (Marco Ugarte/AP)
Jakarta -

Pemerintah Meksiko berupaya menjual Pesawat Jet Kepresidenan demi membantu rakyat kecil menghadapi pandemi COVID-19 dan sebagai tambahan dana kesehatan. Namun, sampai sekarang pesawat itu tak laku-laku.

Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador akhirnya mengusulkan skema undi lotre yang dilepas ke publik seharga 500 peso atau US$ 24 setara Rp 355.200 (kurs Rp 14.800/US$).

Total ada 6 juta lotre yang ditawarkan ke masyarakat. Nantinya, 6 juta lotere yang terjual akan diundi dan 100 pemegang lotre terpilih berhak mengklaim masing-masing 20 juta peso atau US$ 1 juta setara Rp 14,8 miliar.

Hingga akhir pekan lalu, baru 70% lotre yang terjual ke publik, akan tetapi di menit-menit terakhir pengundian tiket ini, terjadi antrean panjang di bilik lotre.

Dikutip dari Reuters, Rabu (16/9/2020), belum jelas berapa banyak tiket yang terjual sampai Selasa (15/9) kemarin, tetapi tampak banyak pembeli lotre sudah memadati beberapa stan di ibu kota dan di selatan negara itu. Pengundian akan dilakukan pada hari ini jam 4 sore waktu setempat.

Untuk diketahui, pesawat mewah itu akan dijual karena dianggap sebagai simbol pemborosan dan korupsi. Padahal di negara itu ada sekitar setengah populasi hidup dalam kemiskinan. Uang penjualan lotre tersebut rencana akan dipakai untuk membeli perlengkapan rumah sakit.



Simak Video "Demo Menuntut Aborsi Dilegalkan di Meksiko Ricuh"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)