Erick Thohir ke Investor: Tak Perlu Pusing Bebaskan Tanah

Hendra Kusuma - detikFinance
Rabu, 16 Sep 2020 12:56 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir
Foto: Menteri BUMN Erick Thohir (Achmad Dwi Afriyadi/detikcom)
Jakarta -

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, pemerintah terus berupaya membuat kebijakan-kebijakan yang memudahkan investasi masuk ke Indonesia. Salah satunya adalah kebijakan penyediaan lahan bagi investor.

Pemerintah saat ini sedang membangun kawasan industri di beberapa daerah. Salah satunya adalah Kawasan Industri Batang, Jawa Tengah. Kawasan tersebut nantinya akan menampung investasi perusahaan-perusahaan asing di China yang ingin merelokasikan pabriknya.

"Jadi kita bisa bersaing dengan negara lain, para investor asing dan lokal yang ingin masuk sudah tidak perlu lagi pusing membebaskan tanah. Karena tanahnya sudah tersedia, dan langsung diurus BKPM dan sudah disiapkan," katanya dalam acara HSBC Economic Forum, Rabu (16/9/2020).

Dia menyebut, Kawasan Industri Batang di bangun di atas lahan sekitar 4.000 hektare. Kawasan tersebut sudah terintegrasi dengan infrastruktur jalan, listrik, dan air. Dia pun mengaku sudah mendapat laporan dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) bahwa ada beberapa perusahaan yang siap merelokasikan investasinya ke Indonesia.

"Nah ini yang meyakinkan kita dan informasi yang saya dapatkan dari kepala bkpm beberapa investor siap merelokasikan pabriknya ke Indonesia," jelasnya.

Menurut Erick, perbaikan-perbaikan yang dilakukan pemerintah saat ini menjamin masuknya investasi dalam jangka waktu yang panjang. Bahkan, dirinya pun akan melibatkan sektor swasta agar ekosistem bisnis di tanah air menjadi lebih baik.

"Kami berharap kerjasama yang sangat win win BUMN dengan swasta dan tentu tanpa melupakan dan dengan melibatkan UMKM pendukung investasi," ungkapnya.

(fdl/fdl)