Mengintip Peluang Bisnis 'Tuyul Online' saat Pandemi

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 18 Sep 2020 09:37 WIB
Marketplace
Ilustrasi/Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Dropshipper atau 'tuyul online' barang kali bisa menjadi pilihan untuk menambah pendapatan atau mungkin profesi baru di tengah pandemi sekarang ini. Hanya bermodal kuota internet dan gadget, dropshipper bisa menghasilkan pundi-pundi uang.

Sukses atau tidaknya, itu tergantung dengan kegigihan masing-masing dropshipper. Lalu, bagaimana peluang bisnisnya?

Salah satu dropshipper terkenal dan CEO sekaligus founder Digital Class Marketer, Arief Budiman Nasuko mengatakan, dropship sendiri sebenarnya ialah sistem penjualan, di mana menjual produk tanpa harus memiliki produk itu sendiri.

"Kita bicara dari segi peluang, dropship ini sebenarnya hanya sebuah sistem, sistem di mana kita menjual produk tanpa kita harus punya produk," katanya dalam program d'Mentor detikcom, Kamis (18/9/2020).

Dari segi peluang, ia menjelaskan, Indonesia sendiri memiliki penduduk sekitar 270 juta penduduk. Kemudian, pengguna internet sekitar 150 juta orang.

Hal itu ditambah kondisi pandemi Corona saat ini yang memaksa orang bekerja dari rumah atau work from home (WFH) yang artinya pengguna internet semakin aktif.

Dia bilang, artinya dari segi bisnis online sendiri peluangnya sangat besar.

"Secara peluang, kita jangan melihat segi dropship, dari bisnis onlinenya, secara bisnis online ini sangat besar sekali. Contoh awal-awal WFH penjualan market place sangat luar biasa," terangnya.

Selanjutnya ia menuturkan, dropship sendiri ialah keterampilan untuk berdagang di era serba internet seperti sekarang ini. Peluangnya, kata dia, ialah tergantung dari keterampilan yang dipelajari dari jualan online itu sendiri.

"Jadi mal-mal toko offline pada tutup market place penjualannya meningkat tajam, kalau dibilang dropship hanya satu metode bukan berdasarkan dropship, tapi skill berjualan online yang kita pelajari," jelasnya.



Simak Video "Pelihara 'Tuyul' Online Saat WFH"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/eds)