RI Host World Cup U-20, Jokowi Beri Tugas Baru ke Sri Mulyani hingga Erick

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 18 Sep 2020 12:22 WIB
Presiden Jokowi saat memberikan pengarahan kepada gubernur mengenai pengendalian pandemi virus Corona dan pemulihan ekonomi.
Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Kondisi ekonomi Indonesia masih kurang begitu baik terkena dampak pandemi. Pada kuartal II 2020 ekonomi Indonesia tercatat minus 5,32% dan masih ada ancaman kembali minus di kuartal III.

Meski begitu, Indonesia bakal menggelar FIFA U-20 World Cup pada tahun depan. Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja menerbitkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 8 Tahun 2020 tentang Dukungan Penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup Tahun 2021. Dalam Inspres tersebut, Jokowi menginstruksikan menteri hingga bupati untuk mendukung penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup tahun depan.

Seperti dikutip detikcom, Jumat (18/9/2020), pada diktum pertama Kepala Negara meminta para pejabat untuk mengambil langkah-langkah sesuai tugas, fungsi dan kewenangan masing-masing secara terkoordinasi.

"Mengambil langkah-langkah sesuai tugas, fungsi, dan kewenangan masing-masing secara terkoordinasi dan terintegrasi untuk mendukung penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup Tahun 2021," bunyi diktum pertama.

Pada diktum kedua, Presiden menginstruksikan kepada sejumlah pejabat termasuk menteri-menteri di sektor ekonomi. Pada angka 4 misalnya, Menteri Keuangan diminta (a) memberikan fasilitasi dan dukungan teknis penganggaran yang diperlukan oleh kementerian/lembaga terkait dalam rangka persiapan dan penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup Tahun 2O21 sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan kemampuan keuangan negara.

Lalu, (b) memberikan fasilitasi dan dukungan teknis pengelolaan penerimaan negara bukan pajak yang diperlukan oleh kementerian/lembaga terkait dalam rangka persiapan dan penyelenggaraan FIFA U-2O World Cup Tahun 2021 sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Lalu, (c) memberikan fasilitasi kepabeanan dan perpajakan yang diperlukan dalam rangka persiapan dan penyelenggaraan FIFA U-2O World Cup Tahun 2021 sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Begitu juga Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Sebagai mana tertulis diktum kedua angka 7 disebutkan Menteri PUPR diminta untuk melakukan renovasi sejumlah infrastruktur. Salah satunya yang termuat dalam huruf a.

"Mengalokasikan anggaran dan melaksanakan renovasi Stadion Manahan di Kota Surakarta dan Stadion Kapten I Wayan Dipta di Kabupaten Gianyar," bunyi huruf a.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Menpora Dorong Piala Dunia U-20 Jadi Ajang Sport Tourism di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]