Perusahaan Fesyen Mewah Ramai-ramai Bikin APD, Harganya Selangit!

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 18 Sep 2020 13:15 WIB
Louis Vuitton
Foto: dok. Louis Vuitton
Jakarta -

Di tengah pandemi COVID-19, sejumlah perusahaan fesyen ternama dunia ramai-ramai membuat alat pelindung diri (APD) untuk pencegahan virus Corona. Alat yang dibuat beragam, mulai dari masker sekali pakai dengan desain yang fashionable hingga face shield.

Harga yang dibanderol untuk produk ini juga tak kalah heboh. Ada masker yang dijual dengan harga Rp 1 juta per lembar hingga face shield yang mencapai Rp 15 juta.

Berikut daftarnya:

1. Louis Vuitton

Rumah mode asal Paris ini juga membuat APD seperti face shield. Mengutip nypost.com (18/9/2020) LV menjual pelindung wajah ini sekitar US$ 1.000 atau setara dengan Rp 14,8 juta (asumsi kurs Rp 14.800).

Face shield ini bisa digunakan untuk berjalan-jalan ke toko atau ke pusat perbelanjaan. Face shield ini juga bertujuan untuk memblokir aerosol dari orang sekitar.

LV mulai menjual face shield ini pada 30 Oktober di toko-toko yang sudah ditentukan. "Face shield ini akan menarik perhatian, untuk bergaya sekaligus pelindung," ujar LV dalam keterangan resmi dikutip dari nypost.com.

Pelindung wajah ini dilapisi dengan kancing emas timbul LV, tali kepala elastis dan trim cetakan khas merk LV. LV Shield juga akan melindungi penggunanya dari paparan sinar matahari. Pasalnya plastik bening akan berubah warna jika berada di bawah cahaya yang terang.

Ini bukanlah yang pertama para rumah mode membuat APD. Pada awal pandemi LV, Gucci, Armani, Bulgari dan Prada membuat APD seperti masker dan baju medis untuk para tenaga kesehatan.

LV juga menyumbangkan 2.500 masker kain putih kepada pekerja pada Mei dan memproduksi pembersih tangan dari pabrik parfum mereka pada Maret lalu.

2. Michael Ngo

Rumah mode asal Los Angeles ini juga membuat masker untuk pencegahan COVID-19. Harga yang dibanderol untuk masker mulai dari US$ 100 hingga US$ 500 per lembar.

3. Proenza Schouler

Membuat masker wajah pencegah virus Corona berbahan satin. Masker ini dibanderol dengan harga US$ 100 per lembar. Cara pencuciannya dengan air hangat dan sabun kemudian dianginkan.

4. Burberry

Burberry pada Agustus sudah merilis masker pelindung wajah dengan harga US$ 120 dan sudah dilengkapi dengan travel pouch.

Dari penjualan masker ini, Burberry akan mendonasikan 20% hasil penjualan ke Burbery Foundation untuk memerangi COVID-19.

(kil/ara)