Prakerja Gelombang 10 Terakhir, Ini Solusi Gagal Verifikasi Email

Lusiana Mustinda - detikFinance
Sabtu, 19 Sep 2020 17:16 WIB
Prakerja Gelombang 7
Foto: Prakerja Gelombang 7 (Mindra Purnomo/tim infografis detikcom)
Jakarta -

Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 10 akan menjadi kesempatan terakhir bagi calon peserta yang berniat mengikuti program ini untuk tahun 2020. Sampai gelombang 8 penerima manfaat sebanyak 4,6 juta orang dari target 5,6 juta peserta.

Dikutip dari CNN Indonesia, Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari mengatakan pemerintah belum memutuskan untuk menambah jumlah target penerima manfaat pada tahun ini.

"Memang dengan gelombang 8 kemudian kan peserta Kartu Prakerja akan menambah 800 ribu lagi dari 3,8 juta menjadi 4,6 juta peserta, sementara Rp20 triliun (dana Prakerja tahun ini) itu kuotanya untuk 5,6 juta orang berarti kan tinggal satu juta orang lagi," ujarnya dalam diskusi virtual bersama media (15/9).

Dari sisa 1 juta kuota tersebut, 800 ribu diantaranya akan dialokasikan untuk pendaftaran gelombang 9. Sehingga masih tersisa 200 ribu kuota penerima Kartu Prakerja tahun ini untuk gelombang selanjutnya.

Namun menurut Denni jumlah kuota Kartu Prakerja gelombang 10 diperkirakan akan melebihi 200 ribu. Pasalnya banyak peserta yang lolos pendaftaran gelombang sebelumnya ternyata gugur karena dicabut kepesertaannya.

Nah, meskipun gelombang 10 belum dibuka pendaftarannya. Kartu Prakerja gelombang 9 sudah dibuka mulai Kamis (17/09/2020) lalu. Namun beberapa calon peserta yang mendaftar mengeluhkan tidak berhasil untuk verifikasi email prakerja.

Calon peserta yang tidak bisa memverifikasi email biasanya tidak menerima kode OTP. Biasanya kode OTP atau verifikasi yang dirahasiakan ini dikirimkan melalui SMS atau email yang tercantum pada akun Kartu Prakerja. Kode ini merupakan alat validasi untuk mencegah adanya penyalahgunaan akun.

Kalau ternyata para pendaftar Kartu Prakerja gagal verifikasi email, hal ini bisa terjadi jika nomor telepon atau email yang tercantum pada akun sudah tidak digunakan atau tidak aktif. Pastikan nomor telepon maupun email yang didaftarkan pada akun Kartu Prakerja sesuai dengan yang digunakan saat ini.

Jika nomor telepon dan email yang didaftarkan masih aktif namun calon peserta belum menerima kode OTP bisa langsung menghubungi info@prakerja.go.id atau admin di email admin@prakerja.go.id.

Untuk Kartu Prakerja gelombang 10 sampai saat ini belum dibuka. Agar tetap bisa mendapatkan info mengenai Kartu Prakerja, sebaiknya tetap pantau sosial media Instagram @prakerja.go.id.



Simak Video "Rp 71,2 M Dana Sudah Mengalir Buat 29 Ribu Penerima Prakerja di Pulau Nias"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)