Dicekal Sri Mulyani, Bambang Tri Pernah Masuk Daftar Orang Terkaya RI

Tim Detikcom - detikFinance
Senin, 21 Sep 2020 11:03 WIB
Bambang Trihatmodjo Putra ketiga mantan Presiden RI HM. Soeharto dan Siti Hartinah. File/detikFoto.
Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta -

Putra kedua mantan Presiden Soeharto, Bambang Trihatmodjo sempat masuk dalam jajaran orang terkaya Indonesia.

Dalam laporan Forbes yang berjudul Indonesia's Richest yang dirilis pada Agustus tahun 2007 silam, Bambang menduduki posisi ke 33 dengan jumlah kekayaan US$ 200 juta. Saat itu Bambang berusia 54 tahun.

Jika dikonversikan ke rupiah hari ini kekayaannya mencapai Rp 2,96 triliun (asumsi kurs Rp 14.800).

Bambang saat itu memiliki 13% saham di perusahaan konglomerasi Global Mediacom yang didirikan dengan nama Bimantara pada 1981. Perusahaan ini didirikan dengan koneksi dari sang ayah.

Pada 2001, Bambang kemudian menjual sebagian sahamnya kepada Hary Tanoesoedibjo dengan harga jual yang tinggi. Setelah itu Bambang tak lagi masuk dalam jajaran manajemen perusahaan.

Selain hobi bisnis, Bambang juga penggemar senjata api. Bahkan dia menjadi ketua cabang organisasi penembak ekstrem di Indonesia.

Saat Bambang masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia. Urutan pertama ditempati oleh Aburizal Bakrie & Family yang memiliki kekayaan US$ 5,4 miliar.

Kemudian Sukanto Tanoto yang memiliki kekayaan US$ 4,7 miliar. Robert Budi Hartono US$ 3,14 miliar, Michael Hartono US$ 3,08 miliar dan Eka Tjipta Widjaja & Family US$ 2,8 miliar.

Seperti diketahui, Bambang Trihatmodjo dicekal karena diketahui memiliki utang ke pemerintah sejak 1997. Putra sulung Presiden ke-2 Soeharto ini memiliki utang saat menjabat sebagai Ketua Konsorsium Mitra Penyelenggara SEA Games XIX Tahun 1997.



Simak Video "Mayangsari Balik ke Dunia Musik!"
[Gambas:Video 20detik]
(upl/upl)