Finally! Apple Punya Toko Online di India

Hendra Kusuma - detikFinance
Rabu, 23 Sep 2020 22:30 WIB
Raksasa teknologi Apple mencatatkan rekor baru. Perusahaan asal Cupertino, AS, itu kini memiliki valuasi sebesar US$ 2 triliun atau sekitar Rp 29.400 triliun (kurs Rp 14.700).
Ilustrasi Logo Apple (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Setelah 20 tahun di India, sekarang Apple bisa menjual produk secara langsung kepada para pelanggannya. Perusahaan resmi meluncurkan toko online.

Peluncuran toko online ini menandakan India menjadi salah satu negara dengan ekonomi terbesar di dunia. Bahkan perusahaan pembuat iPhone ini menargetkan membuka toko fisik pertamanya tahun 2021.

Mengutip CNN, Apple dan distributor asing dilarang mendirikan toko di India kecuali perusahaan sepakat untuk menyerap bahan baku lokal sekitar 30%. Kebijakan tersebut diubah usai pemerintah India melonggarkan beberapa aturan mengenai investasi.

"Ini jalan yang panjang," kata manajer riset Canalys, Rusgabh Doshi.

"Apple ingin melakukan ini di masa lalu, tetapi regulasi tidak mengizinkannya," tambahnya.

Dengan adanya toko online ini, Doshi menilai perusahaan bisa menyesuaikan produk yang diinginkan para konsumen di India secara online.

"Sesuatu yang belum dapat ditawarkan Apple secara langsung sebelumnya di India," kata Doshi.

Keputusan Apple membuka toko online di India, dikatakan Doshi juga disambut oleh masyarakat.

"Faktanya banyak orang India bahkan tidak dapat memberitahu anda apa yang mereka lewatkan karena mereka belum pernah ke Singapura, atau mereka belum pernah ke Hong Kong, atau AS untuk benar-benar melihat pengalaman yang diberikan Apple," katanya.



Simak Video "Kenalin Apple Music TV: Acara Musik 24 Jam Gratis"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/dna)