Canggih! Walmart Pakai Drone Kirim Alat Test COVID-19

Anisa Indraini - detikFinance
Kamis, 24 Sep 2020 09:40 WIB
Jaringan toko ritel Walmart di dunia
Foto: Dok. Walmart.com
Jakarta -

Salah satu perusahaan ritel terbesar Amerika Serikat (AS) Walmart (WMT) meluncurkan program penggunaan drone untuk mengirimkan tes COVID-19 ke rumah-rumah pelanggan. Namun pengiriman terbatas hanya untuk radius satu mil dari tokonya di North Las Vegas.

Pelanggan akan menerima pesan teks dari DroneUp saat tes Quest Diagnostics (DGX) sedang dilakukan. Pengiriman yang akan memakan waktu sedikitnya lima menit ini tidak dikenakan biaya alias gratis.

Sampel kemudian dapat dikirim melalui FedEx ke lab Quest, yang akan mengirimkan hasilnya secara digital. Hasil tes biasanya akan keluar dalam dua hari.

"Kami berharap pengiriman drone dari kit self-collection akan membentuk kemampuan pengujian tanpa kontak dalam skala yang lebih besar dan terus mendukung cara inovatif Walmart dalam menggunakan pengiriman drone di masa depan," kata Wakil Presiden Senior Produk Konsumen Walmart, Tom Ward dikutip CNN, Kamis (24/9/2020).

Walmart (WMT) berencana untuk memperluas uji coba drone ke Cheektowaga, New York tepat di luar Buffalo pada awal Oktober. Pengiriman menggunakan drone ini dibatasi selama persediaan masih ada antara pukul 08.30 dan 15.30 waktu setempat.

Pengiriman menggunakan drone tidak akan dipenuhi jika ada penghalang seperti kabel listrik, pohon, mobil, atau cuaca buruk. Dengan begitu, jika membutuhkan tes COVID-19 saat sedang hujan maka kemungkinan tidak akan datang melalui drone.

Untuk meminimalkan kegagalan pengiriman, Quest Diagnostics mengatakan area pengiriman akan disurvei sebelumnya. Minggu lalu, Quest dan Walmart mengumumkan bahwa tes COVID-19 sekarang dapat dilakukan di lebih dari 500 lokasi apotek drive-thru Walmart di AS.

Awal bulan ini, Walmart meluncurkan program percontohan drone dengan Flytrex untuk mengirimkan barang-barang rumah tangga dan bahan makanan ke pelanggan di Fayetteville, North Carolina.

Tahun depan, Walmart juga berencana untuk memulai program drone terpisah dengan Zipline untuk memberikan program kesehatan dan kebugaran kepada pelanggan di dekat kantor pusat raksasa ritel di Northwest Arkansas.

"Kami tahu perlu beberapa waktu sebelum kami melihat jutaan paket dikirimkan melalui drone. Itu masih terasa seperti fiksi ilmiah, tetapi kami berada pada titik di mana kami belajar lebih banyak tentang teknologi yang tersedia dan bagaimana kami dapat menggunakannya untuk membuat hidup pelanggan kami lebih mudah," ucapnya.



Simak Video "Batal Diblokir, TikTok Melenggang Bebas di Amerika Serikat"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)