Jokowi: Pandemi Hantam Seluruh Masyarakat di Kota dan Desa

Hendra Kusuma - detikFinance
Kamis, 24 Sep 2020 11:55 WIB
Presiden Jokowi
Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan seluruh masyarakat di tanah air telah terhantam atau terdampak oleh pandemi Corona. Pandemi telah berlangsung sejak enam bulan yang lalu.

Hal itu diungkapkannya saat membuka rapat terbatas (ratas) mengenai percepatan peningkatan ekonomi desa secara virtual, Kamis (24/9/2020).

"Kita tahu pandemi bukan hanya menghantam seluruh masyarakat di perkotaan tetapi juga di pedesaan," kata Jokowi.

Dengan dampak yang sudah terjadi seperti sekarang ini, Jokowi mengatakan pandemi harus dijadikan momentum untuk menginstall ulang atau memperbaiki perekonomian nasional melalui transformasi khususnya ekonomi desa.

Menurut Jokowi, jika terjadi krisis di wilayah perkotaan maka desa harus menjadi penyangganya.

"Karena terjadinya arus balik perpindahan penduduk dari kota ke desa, jadi bukan urbanisasi tetapi ruralisasi," katanya.

Oleh karena itu, Mantan Gubernur DKI Jakarta ini meminta kepada seluruh pejabat negara untuk memastikan program perlindungan sosial dan program yang berkaitan dengan ekonomi desa berjalan dengan baik.

"Saya ingin menegaskan lagi bahwa pandemi yang tengah kita hadapi harus menjadi sebuah momentum untuk menginstal ulang, memperbaiki lagi, melakukan reform, mengenai strategi besar dalam transformasi ekonomi desa," ungkapnya.



Simak Video "Jokowi: Peluang Sport Tourism Semakin Besar Usai Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/eds)