Kenalkan Janda Bolong, Tanaman Sultan Senilai Ratusan Juta

Hendra Kusuma - detikFinance
Kamis, 24 Sep 2020 16:56 WIB
Tanaman Janda Bolong Variegata
Foto: Dok. Instagram @nyonyadestira
Jakarta -

Penggemar tanaman hias kini tengah menggandrungi janda bolong. Tanaman yang berasal dari keluarga monstera ini memiliki keunikan, khususnya perpaduan warna hingga lubang.

Satu pot tanaman hias janda bolong dibanderol hingga ratusan juta. Bahkan, tanaman janda bolong ini bisa dijual belasan hingga puluhan juta per lembar daunnya.

Janda bolong yang dijual bisa mencapai ratusan juta adalah jenis Monstera variegata. Helai daun yang berlubang-lubang serta terdiri dari perpaduan warna hijau, putih hingga kuning menjadi daya tarik membuat janda bolong variegata semakin diminati.

"Tanaman hias itu bisa membuat kita lupa dengan persoalan-persoalan COVID-19. Jadi kita bisa menikmati dan bisa membuat hati kita sehat," kata kolektor Gelombang Cinta, Supriyadi seperti yang dikutip dari CNN TV, Kamis (24/9/2020).

Janda bolong merupakan jenis tanaman hias tropis monstera. Tanaman ini, kerap dipakai sebagai dekorasi ruangan bergaya minimalis atau skandinavia karena bentuknya yang dinilai memiliki estetika.

Pohon janda bolong merupakan tanaman hias yang perawatannya sangat mudah, cukup disiram satu sampai dua kali seminggu serta relatif tahan terhadap serangan hama dan penyakit.

Tanaman janda bolong juga ada yang dibanderol dengan harga lebih murah, misalnya jenis Monstera adansonii atau janda bolong lokal yang banyak dijual di tanah air. Jenis tanaman ini bukan tanaman hias yang bisa dijual dengan harga ratusan juta. Monstera adansonii pada umumnya hanya berwarna hijau.

Muhammad Sahal, seorang penyuka tanaman hias menilai, janda bolong merupakan tanaman yang cantik.

"Kalau bicara rasa, kepuasan batin kayaknya sulit diucapkan dengan kata-kata, tapi hati tidak bohong karena memang jenis varigata ini buat saya satu hobi ini cantik, anggun," kata dia.

Paul, seorang penjual tanaman hias mengungkapkan tingginya harga janda bolong dikarenakan jumlah atau pasokannya yang mulai menipis di tengah semakin banyaknya peminat baru tanaman hias.

"Melihat tumbuhnya penghobi baru di Indonesia dan seluruh dunia, pandemi membuat mereka jadi banyak hobi di tanaman dan ada yang bisnis karena harus menghasilkan uang. Saya pikir melihat stok populasi yang ada dengan pehobi baru tidak imbang jadi masih akan berkembang. Jadi pikiran saya ini akan lebih ramai dari sekarang," kata Paul.

Selain janda bolong, ada jenis tanaman hias Monstera lainnya yang juga laris manis dijual per helai daunnya.

Monstera obliqua bahkan per lembar daunnya bisa dijual dengan harga Rp 25-30 juta. Monstera albo variegata dijual Rp 30-50 juta per lembar daun, dan Monstera mint dan deliciosa bisa laku Rp 50 juta per lembar daunnya.



Simak Video "'Janda Bolong', Tanaman Hias yang Banyak Diminati Orang"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/eds)