Jurus RI Bikin Angkutan Logistik Bisa Bersaing dengan Negara Lain

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 27 Sep 2020 18:45 WIB
Aktivitas bongkar muat peti kemas di Terminal 3 Tanjung Priok, Jakarta, Senin (17/2/2020). Selama Januari 2020, ekspor nonmigas ke China mengalami penurunan USD 211,9 juta atau turun 9,15 persen dibandingkan bulan sebelumnya (mtm). Sementara secara tahunan masih menunjukkan pertumbuhan 21,77 persen (yoy).
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Pemerintah baru saja meluncurkan ekosistem logistik nasional atau national logistics ecosystem (NLE). Salah satu terobosannya adalah membuat pengurusan logistik bisa diurus secara online.

Pemerintah pun sudah meresmikan platform digital untuk pencarian truk dan penerbitan eSP2, yang ditunjuk menjalankan hal tersebut adalah PT Logol Jakarta Mitraindo.

"Satu inovasi digital dalam NLE ini adalah pemesanan truk online dan PT Logol Jakarta Mitraindo resmi ditunjuk sebagai platform digital untuk pencarian truk dan penerbitan eSP2, " papar CEO PT Logol Jakarta Mitraindo, Michael K. Kartono, dalam keterangannya, Minggu (27/9/2020).

Michael menjelaskan, pemesanan atau delivery order dan persetujuan pengeluaran peti kemas mulai saat ini dilakukan online, sehingga dokumen tidak perlu jalan fisik.

Pemesanan truk bentuknya akan menjadi seperti sistem ojek online, truk bisa dipesan dan mereka tidak perlu ngetem fisik di satu tempat, sehingga akan terjadi efisiensi.

"Platform ini memberikan kemudahan jasa untuk para pelaku bisnis, UMKM maupun manufaktur untuk melakukan pengiriman barang secara melalui jalur darat dan laut secara online, semua proses ini dapat dilakukan hanya dari ujung jari atau at your finger tips," ujar Michael.

PT Logol sendiri adalah market place logistic online yang menghubungkan stakeholder di suatu ekosistem logistik. Mulai dari pemilik kargo, perusahaan logistik, perusahaan pelayaran, hingga pemerintah dalam hal ini Bea Cukai dan urusan kepelabuhan.



Simak Video "Menaker Beberkan 2 Hal Bikin BLT Gaji Nyangkut di Bank"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)