25 Karyawan Peruri Positif Corona, 15 Sembuh

Trio Hamdani - detikFinance
Senin, 28 Sep 2020 12:52 WIB
Kantor Perum Peruri
Foto: Dok. Perum Peruri
Jakarta -

Dirut Perum Percetakan Uang RI (Peruri) Dwina Septiani mengungkapkan 25 karyawan di perusahaannya positif virus Corona. Hal itu terungkap setelah dilakukan tes massal pada Agustus-September.

Dia menjelaskan, awalnya berdasarkan rapid test hingga periode Juli tidak ditemukan kasus positif di Peruri.

"Sampai dengan Juli itu relatif kami belum ada eksposur sama sekali. Tapi kami juga tahu kondisinya ternyata belakangan memang menjadi meningkat dan ini yang kami baru alami di periode pengetesan Agustus sampai September," kata dia dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VI DPR RI, Senin (28/9/2020).

Pada periode Agustus-September, dia menjelaskan Peruri melakukan rapid test kepada 2.036 karyawan. Dari situ diketahui ada 21 orang yang reaktif.

Akhirnya dilakukan langkah lebih lanjut dengan melakukan swab test kepada 364 karyawan di unit-unit yang terkait dengan karyawan reaktif.

"Jadi kami lakukan untuk periode 1 bulan terakhir itu 2.036 tes rapid. Kami mendapatkan reaktif sebanyak 21 sehingga kemudian kami follow up dengan melakukan swab di unit-unit yang berkaitan dengan karyawan yang reaktif," paparnya.

Tapi dia memastikan 25 karyawan yang positif COVID-19 dalam keadaan baik sebagai orang tanpa gejala (OTG) dan 15 di antaranya sudah sembuh.

"Kami menemukan positif dari hasil swab itu sebanyak 25, namun Alhamdulillah masih tarafnya OTG semua, dan dari 25 itu 15 sudah sembuh. Jadi saat ini kami memang tidak memiliki yang mungkin dalam kondisi yang buruk terkait kepada COVID ini," tambahnya.

(toy/ara)